Mobil Penumpang Disulap Jadi Warteg Keliling

Musikpedia – Nama besar Kijang Innova tentu tak bisa dikesampingkan begitu saja di kancah industri otomotif Tanah Air. Mobil keluarga yang populer dan dikenal bandel ini banyak dipuja meski usianya ada yang tak lagi muda.

Tak jarang Kijang Innova tua pun menjadi sasaran modifikasi, mulai dari mesin, tampilan, hingga fungsi, seperti yang satu ini.

Read More

Sebuah potret yang diunggah oleh page Kemaslahatan Karbu Kijang di media sosial kali ini sukses bikin salah fokus.

Bukan tanpa alasan, mobil tersebut berhasil dirombak dari sekadar kendaraan MPV biasa untuk angkut penumpang, menjadi mesin penghasil cuan.

Modifikasi ini dilakukan dengan mencabut kursi barisan ketiga (dan baris kedua tampaknya). Selanjutnya, ruang lapang yang kini tersedia tersebut diisi dengan rak etalase kaca yang diisi dengan sejumlah menu makanan.

Modif Toyota Kijang Innova Jadi Warteg Berjalan. (Facebook/Sekolah 12 tahun tapi otak 12kb)

Praktis mobil ini pun sanggup menjelma menjadi warteg keliling. Tampak pula kaleng krupuk dan sejumlah “rambak” yang digantung di tepi kabin mobil tersebut.

Pintu bagasi yang dibuka lebar menjadi tempat transaksi antara pembeli dan penjual. Keren kan?

Potret ini pun memantik keluarnya sejumlah komentar warganet:

“Yang penting yakin, usaha dan doa,” tulis salah seorang pengguna Facebook.

“Warteg keliling?” sahut warganet lain.

Spesifikasi Toyota Kijang Innova dan harganya di pasar mobil bekas

Toyota Luncurkan Kijang Innova Venturer di Jakarta, Senin (16/1/2017). [Musikpedia/Insan Akbar Krisnamusi]
Ilustrasi Innova Venturer. [Musikpedia/Insan Akbar Krisnamusi]

Secara umum, Innova lawas ini hadir dalam dua varian mesin, yakni versi yang berbahan bakar bensin dan juga diesel.

Perbedaan mesin antara Toyota Innova versi bensin dan diesel mencakup beberapa aspek kunci yang mempengaruhi kinerja dan karakteristik pengendaraannya.

Pada varian bensin, Toyota Innova dilengkapi dengan mesin 1TR-FE 4 Silinder segaris, 16 katup DOHC dengan Dual VVT-i, memiliki silinder sebesar 1.998 cc.

Mesin ini mampu menghasilkan power maksimum sebesar 139 PS pada 5.600 rpm dan torsi maksimum 18,7 kgm pada 4.000 rpm. Sistem bahan bakarnya menggunakan Fuel Injection untuk efisiensi dan performa yang optimal.

Sementara itu, varian diesel Toyota Innova menggunakan mesin 2GD FTV 4 Silinder segaris, 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler dan kapasitas 2.393 cc.

Mesin diesel ini memiliki power maksimum sebesar 149 PS pada 3.400 rpm. Salah satu perbedaan kunci antara mesin bensin dan diesel adalah karakteristik torsi maksimumnya, yang bervariasi tergantung pada tipe mesin yang dipilih untuk versi diesel.

Nah, tergantung tahun produksi dan varian, di pasaran mobil bekas, kendaraan ini bisa ditemui dengan harga mulai dari 110 jutaan rupiah. Selain itu, pajak dari mobil ini bervariasi di antara angka 1,7 jutaan rupiah hingga 6 jutaan lebih.

Sumber: www.suara.com

Related posts