Wuling Binguo EV Belum Dipastikan Dapat Subsidi Mobil Listrik

Musikpedia – Wuling Binguo EV, mobil listrik yang diluncurkan pekan lalu di Indonesia, belum dipastikan mendapat subsidi mobil listrik dari pemerintah berupa subsidi biaya balik nama (BBN) nol persen.

Read More

PR Manager Wuling Motors Brian Gomgom, yang ditemui di sela-sela pameran GIIAS Bandung 2023 mengatakan Binguo EV ini belum dipastikan akan masuk skema yang sama dengan Air EV, mobil listrik pertama merek asal Tiongkok tersebut.

“Jadi program subsidi mobil Wuling Binguo EV ini akan diumumkan saat peluncuran nanti, dan untuk sekarang Wuling Air EV sudah mengikuti program subsidi dari pemerintah,” kata Brian.

Program subsidi pemerintah, jelas Brian, mengatakan penjualan mobil Air EV dari setiap serinya selama periode Januari sampai Oktober 2023 mencapai 6.300 unit secara nasional. Sejak awal peluncurannya di Indonesia pada 2022, mobil itu sudah terjual sekitar 12.000 unit secara nasional.

Di Jawa Barat sendiri, lanjut dia, penjualan mobil jenis yang sama retail sales-nya 2.694 unit. Khusus di Bandung, Air EV terjual 824 unit untuk periode Januari – Oktober 2023.

“Bisa dikatakan di Bandung sendiri itu sampai 40 persen kontribusi penjualannya ke Wuling. Hal ini bisa terjadi karena ada juga dorongan insentif dari pemerintah agar berubah ke mobil listrik selain cost ownership yang dikeluarkan lebih murah dari mobil konvensional,” ujar dia lagi.

Dia menyebut, meski dengan kesuksesan Air EV, dia menyebut dalam tahun 2023 ini dengan melibatkan Binguo EV di berbagai gelaran pameran mobil termasuk di GIIAS Bandung, pihaknya belum berpikiran memasukannya dalam skema subsidi pemerintah.

Di GIIAS Bandung 2023 ini, kata dia, targetnya adalah masyarakat bisa melihat Binguo EV ini secara interior, eksterior dan fitur-fiturnya serta tertarik untuk memesan, sehingga melengkapi koleksi mobil listrik Wuling dengan jarak tempuh 200-300 km oleh Air EV dan jarak 300-400 km oleh Binguo EV.

“Di GIIAS Bandung 2023 ini sebenarnya kita pengen lihat antusiasme Binguo EV ini di Bandung, karena setelah 16 November di Tangerang dipamerkan, orang-orang tertarik. Nah ini pertama kalinya kita di Bandung. Kita tidak pasang target di GIIAS Bandung 2023 ini, tapi kalau mau EV kita punya dua model, mau hybrid kita ada dan kalau mau bensin kita juga punya, jadi semua varian ada,” ujarnya pula.

Berdasarkan keterangan Wuling dari tampilan eksterior Binguo EV memiliki desain ikonik, diperkuat dengan visual yang timeless. Di bagian depan terdapat X-Shaped LED Headlamp dan Diamond Corrugated Grille.

Binguo EV mengaplikasikan Flowing Water Body Curve di bagian samping dan Water Splash Wheel Cap untuk menciptakan tampilan elegan dengan kesan unik. Pada bagian belakang, Binguo EV dilengkapi dengan X-Shaped LED Tail Lights dan Streamline Ducktail untuk menunjukkan gaya modern dan futuristik.

Untuk interior, Binguo EV menawarkan kabin luas dengan jok perforated synthetic leather bagi kenyamanan penumpang dan pengemudi, selain itu, Binguo EV juga dilengkapi dengan 15 kompartemen dan bagasi dengan luas yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang bawaan.

Fitur penunjang kenyamanan berkendara lainnya juga dihadirkan dalam Binguo EV, di mana pengemudi dapat melakukan pengaturan posisi duduk dengan lebih mudah melalui fitur Electric Seat Adjustment.

Pada bagian dashboard, terdapat Multifunction Steering Wheel dilengkapi tombol pengoperasian audio dan pengaturan menu. Rotary Gear Selector juga dihadirkan di Binguo EV sebagai pengoperasi transmisi dengan knop putar futuristik.

Selain itu, konsol tengah kendaraan juga dilengkapi dengan tombol Electric Parking Brake dan Auto-Vehicle Holding. Dan untuk sistem hiburan diintegrasikan dengan 10.25″ head unit.

Binguo EV sendiri ditawarkan dengan fasilitas garansi baterai seumur hidup untuk 1000 pemesan pertama. Para pemesan akan mendapatkan mobil mereka pada semester pertama 2024.

Sumber: www.suara.com

Related posts