Wajib Tahu, Ini 5 Tanda Kompresi Motor Bocor

Musikpedia – Kendala teknis pada motor memang bermacam-macam, dan banyak dari masalah tersebut bisa memicu mogok.

Read More

Padahal, mesin motor yang berfungsi dengan baik sangat penting untuk menjaga performa ketika berkendara.

Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah kebocoran kompresi. Sebagai panduan, berikut adalah tanda-tanda yang perlu Anda ketahui, dikutip dari situs resmi Suzuki:

1. Motor Susah Distarter di Pagi Hari

Pagi hari adalah waktu terbaik untuk memeriksa kondisi mesin. Mesin yang normal seharusnya dapat menyala dengan mudah ketika distarter atau dihidupkan dalam satu kali percobaan saja. Jika lebih dari itu, ini bisa menjadi pertanda kebocoran kompresi.

Untuk memastikannya, Anda dapat mencoba memutar posisi kunci kontak ON dan OFF beberapa kali. Hal ini juga bisa membantu membangkitkan tekanan bahan bakar pada mesin EFI sebelum mesin motor dinyalakan.

2. Suara Mesin Terdengar Lebih Kasar

Kompresi yang bocor juga dapat mengakibatkan suara mesin menjadi kasar dan tidak normal. Hal ini disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna. Jadi, jika Anda mendengar suara udara yang kasar dari ruang mesin, ini dapat menjadi indikasi.

3. Tenaga Kendaraan Berkurang

Penurunan kompresi berarti jumlah gas yang dibakar oleh mesin menjadi lebih sedikit. Dampaknya, tenaga mesin akan berkurang drastis. Penurunan ini akan sangat terasa, terutama saat kendaraan mencapai top speed atau sedang membawa beban.

4. Oli Mesin Jadi Cepat Habis

Selanjutnya, masalah kompresi mesin motor bocor dapat membuat oli mesin mengalir ke ruang bakar dan ikut terbakar selama proses pembakaran. Itu sebabnya, hal ini dapat menyebabkan oli mesin dalam waktu tertentu menjadi cepat habis.

5. Keluar Asap Putih dari Knalpot

Tanda kebocoran kompresi yang terakhir adalah keluarnya asap putih dari knalpot. Namun, pastikan untuk memeriksanya dengan baik karena asap putih ini juga bisa disebabkan oleh kebocoran oli, ring kompresi, gasket, dan kerusakan blok mesin.

Sumber: www.suara.com

Related posts