Volkswagen Tersandung Kasus Kerja Paksa, Ribuan Mobil Ditahan di Pelabuhan

Musikpedia – Volkswagen berada di bawah tekanan untuk mengakhiri usaha patungannya dengan SAIC di wilayah Xinjiang, China, karena fasilitasnya terkait langsung dengan kerja paksa, demikian menurut sebuah laporan baru-baru ini.

Produsen mobil Jerman ini mengumumkan pertengahan Februari 2024 lalu bahwa mereka menahan beberapa ribu model di pelabuhan-pelabuhan Amerika Serikat setelah menemukan bahwa sebuah komponen listrik kecil yang digunakan di dalamnya melanggar undang-undang anti-kerja paksa.

Read More

Laporan dari Carscoops menyebutkan bahwa Adrian Zenz, direktur studi China di Victims of Communism Memorial Foundation di Washington, menyatakan bahwa ‘bukti baru secara langsung melibatkan Volkswagen’ dalam kerja paksa.

Zenz mengutip dokumen dan foto-foto yang menunjukkan subkontraktor yang membangun jalur uji coba ‘mempekerjakan pekerja paksa dari etnis Uighur selama puncak penguburan massal pada tahun 2017 dan 2018.

Wall Street Journal melaporkan bahwa VW tidak membantah tuduhan tersebut, tetapi mengklaim tidak menemukan bukti adanya pelanggaran.

Ilustrasi logo Volkswagen.[Jens Schlueter/AFP]

Mereka mendesak SAIC untuk memberikan jawaban. Pada bulan Desember, Volkswagen menyatakan bahwa audit internal tidak menemukan bukti adanya kerja paksa di pabrik Xinjing.

Meskipun pabrik tersebut tidak lagi memproduksi mobil, namun pabrik tersebut menyediakan kontrol kualitas dan layanan teknis.

Volkswagen (VW) menyatakan kepada surat kabar tersebut bahwa saat ini mereka sedang berdiskusi dengan SAIC tentang arah masa depan kegiatan bisnis perusahaan patungan di Provinsi Xinjiang. Perusahaan ini secara intensif memeriksa berbagai skenario.

Tahun lalu, pemerintah Jerman mendesak perusahaan-perusahaan lokal untuk mengurangi eksposur mereka ke Cina. Dalam sebuah jajak pendapat baru-baru ini, 44% perusahaan Jerman melaporkan bahwa mereka telah mengambil langkah-langkah, termasuk mengintegrasikan rantai pasokan mereka, untuk melindungi bisnis mereka di Tiongkok dari risiko-risiko di luar.

Sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi ketergantungannya pada China, yang menyumbang 10,3% dari investasi asing langsung Jerman tahun lalu, sebuah peningkatan yang signifikan dari rata-rata 3% antara tahun 2018 dan 2020, langkah ini telah dilakukan.

Senator Ron Wyden, kepala Komite Keuangan Senat, menyatakan kepada WSJ bahwa ia telah mengadvokasi selama berbulan-bulan bahwa bisnis yang mengimpor mobil ke Amerika Serikat harus mengetahui asal dari setiap komponen di dalam kendaraan.

Ada kekhawatiran bahwa beberapa produsen mobil tidak melakukan cukup banyak hal untuk memastikan bahwa sub-pemasok mereka tidak menggunakan tenaga kerja paksa.

Menyusul tuduhan keterlibatan VW dalam kerja paksa, kepala Union Investment, salah satu dana investasi publik terbesar di Jerman, menyatakan bahwa produsen mobil tersebut tidak lagi dapat diinvestasikan untuk dana publik yang berkelanjutan.

Sumber: www.suara.com

Related posts