Transaksi Pengisian EV di SPKLU Sumut Meningkat, Berikan Sinyal Positif Pertumbuhan Kendaraan Listrik

Musikpedia – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara atau PLN UID Sumatera Utara menunjukkan adanya sinyal positif pertumbuhan ekosistem Electric Vehicle atau EV alias kendaraan listrik di provinsi itu. Awaluddin Hafid, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara menyatakan bahwa telah terjadi peningkatan transaksi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU sepanjang 2023.

Dikutip dari kantor berita Antara, Awaluddin Hafid menyatakan bahwa peningkatan transaksi ini adalah sinyal positif karena artinya ada pertumbuhan kendaraan listrik di Sumatera Utara.

Read More

Ia menegaskan bahwa PLN UID Sumatera Utara mendukung program pemerintah dalam perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Sumatera Utara.

Di SPKLU yang dibangun di Provinsi Sumatera Utara, PT PLN (Persero), selain mempersiapkan infrastruktur stasiun pengisian ulang, PLN juga menyediakan berbagai layanan untuk kemudahan pengguna EV melalui aplikasi PLN Mobile.

PLN Mobile [ANTARA]

Selama 2023, PLN mencatat jumlah transaksi di SPKLU meningkat signifikan dengan total 119.600 kali transaksi. Jumlah itu naik sebanyak 404 persen dibandingkan 2022 yang mencapai 29.627 kali transaksi.

PLN mencatat pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik juga terlihat dari peningkatan jumlah konsumsi listrik di SPKLU. Pada 2023, total mencapai 2.464.825 kWh atau meningkat 564 persen dibandingkan 2022 yang berada di angka 436.656 kWh.

Awaluddin Hafid menyatakan terjadi transaksi total 1.149 kali di seluruh SPKLU di Sumut sepanjang 2023.

“Jumlah ini meningkat sebanyak 53 persen daripada 2022 yang membukukan sebanyak 748 kali transaksi. Adapun jumlah konsumsi listriknya sebesar 44.522,12 kilowatt-hour (kWh),” lanjutnya.

Pada 2023, PLN UID Sumut menambah tiga SPKLU dan secara keseluruhan, sehingga sudah tersedia 14 SPKLU di Sumatera Utara

SPKLU ini adalah SPKLU Medan Kota, SPKLU City View, SPKLU Amir Hamzah, SPKLU Binjai, SPKLU Tebing Tinggi, SPKLU Rantauprapat, SPKLU Pematang Siantar, SPKLU Medan Baru, SPKLU Sibolga, seta SPKLU Terminal Amplas.

Selain itu, PLN juga membangun SPKLU di beberapa destinasi wisata, yakni SPKLU Balige, SPKLU Berastagi, SPKLU Parapat, dan SPKLU Pangururan.

“Kami berharap SPKLU yang tersebar di berbagai lokasi strategis ini dapat meyakinkan masyarakat agar beralih ke kendaraan ramah lingkungan dan dapat mendorong pariwisata hijau (green tourism) di Sumatera Utara,” tandas Awaluddin Hafid.

Secara nasional, PT PLN (Persero) sudah membangun 54 unit SPKLU selama 2023 sehingga total PLN menghadirkan 624 SPKLU di 411 titik lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sumber: www.suara.com

Related posts