Toyota dan Mitsubishi Dikabarkan Lebih Pilih Thailand untuk Investasi Kendaraan Listrik di Kawasan Asia Tenggara

Musikpedia – Pemerintah Thailand mengklaim sejumlah produsen mobil asal Jepang seperti Toyota, Honda, Mitsubishi, dan Isuzu telah menaruh investasi untuk pembuatan kendaraan listrik di kawasan Asia Tenggara.

Read More

Secara total pemerintah Thailand telah menerima investasi hingga 150 miliar baht.

Dalam laporannya, disebutkan bahwa Toyota Motor dan Honda Motor masing-masing akan berinvestasi sekitar 50 miliar baht, sementara Isuzu Motors akan berinvestasi 30 miliar baht. Sementara Mitsubishi Motors akan berinvestasi sebesar 20 miliar baht.

“Produsen mobil besar Jepang akan berinvestasi 150 miliar baht di Thailand selama lima tahun ke depan,” ujar juru bicara Chai Wacharoke, dikutip dari Reuters, Rabu (27/12/2023).

Thailand merupakan negara kedua dengan perekonomian terbesar sekaligus produsen dan eksportir mobil terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Pabrikan Jepang telah mendominasi sektor otomotif Thailand selama beberapa dekade, namun pembuat kendaraan listrik Tiongkok baru-baru ini telah melakukan investasi besar untuk merajai pasar kendaraan listrik.

“Investasi yang dilakukan oleh produsen mobil Jepang akan mendukung kebijakan pemerintah untuk beralih dari kendaraan bermesin pembakaran ke kendaraan listrik,” kata Chai.

Thailand diketahui telah memasang target untuk mengubah sekitar sepertiga dari produksi tahunannya sebesar 2,5 juta kendaraan menjadi kendaraan listrik pada tahun 2030.

Untuk memuluskan rencana tersebut, pemerintah Thailand juga sedang mempersiapkan kebijakan berupa insentif untuk mendorong lebih banyak investasi dan konversi ke dalam manufaktur kendaraan listrik.

Kebijakan pemotongan pajak dan subsidi yang dilakukan pemerintah untuk beralih ke kendaraan listrik telah menarik banyak produsen mobil China , termasuk BYD dan Great Wall Motor untuk mendirikan fasilitas produksi baru di negara tersebut.

Kendati demikian sejauh ini memang belum terdapat informasi resmi baik dari Toyota, Honda, Mitsubishi, dan Isuzu terakit investasi kendaraan listrik Thailand.

Sumber: www.suara.com

Related posts