Tips Merawat Mobil Usai Dipakai Liburan: Periksa 7 Bagian Ini

Musikpedia – Liburan seringkali berarti perjalanan jauh dengan mobil, dan setelah pulang, merawat kendaraan adalah langkah penting untuk memastikan kinerjanya tetap optimal.

Read More

Jangan sampai terjadi hal tak mengenakkan pada kendaraan Anda usai dipakai perjalanan jauh.

Berikut adalah beberapa tips merawat mobil usai dipakai liburan serta pemeriksaan yang perlu Anda lakukan dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pemeriksaan Oli Mesin

Perjalanan jauh dapat meningkatkan konsumsi oli mesin. Periksa level oli dan pastikan dalam batas yang aman. Jika perlu, lakukan penggantian oli sesuai dengan jadwal yang ditentukan produsen.

2. Cek Air Radiator dan Coolant

Pemanasan mesin selama perjalanan panjang dapat mempengaruhi level air radiator dan coolant. Pastikan keduanya berada pada level yang cukup. Jika perlu, tambahkan air radiator atau coolant sesuai rekomendasi produsen.

3. Periksa Tekanan dan Kondisi Ban

Cek tekanan udara pada semua ban, termasuk ban cadangan. Pastikan tekanannya sesuai dengan rekomendasi produsen. Periksa juga kondisi fisik ban untuk memastikan tidak ada sobekan atau kerusakan lainnya.

4. Pemeriksaan Sistem Rem

Sistem rem adalah bagian krusial untuk keselamatan. Periksa ketebalan kampas rem dan pastikan tidak ada kebocoran pada sistem rem. Jika rem terasa tidak responsif atau ada suara aneh, segera bawa mobil ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.

5. Bersihkan Mobil dari Debu dan Kotoran

Bersihkan mobil dari debu dan kotoran yang mungkin menempel selama perjalanan. Kotoran yang menumpuk dapat merusak cat dan bagian-bagian eksterior lainnya. Gunakan sabun mobil yang lembut dan air bersih untuk mencuci.

6. Pemeriksaan Aki

Pastikan terminal aki bersih dari korosi. Periksa level air aki jika Anda menggunakan aki konvensional. Jika Anda memiliki aki tipe maintenance-free, pastikan aki berada dalam kondisi baik.

7. Cek Wiper dan Cairan Wiper

Pastikan karet wiper dalam kondisi baik dan tidak ada retakan. Isi cairan wiper jika perlu untuk memastikan kaca depan tetap bersih selama berkendara.

Dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan ini, Anda dapat menjaga mobil tetap dalam kondisi optimal setelah perjalanan liburan yang menyenangkan.

Jika Anda tidak yakin atau menemukan masalah selama pemeriksaan, segera bawa mobil ke bengkel untuk perbaikan lebih lanjut.

Sumber: www.suara.com

Related posts