Tips Mencegah Mogok Setelah Lama Tak Dipakai

Musikpedia – Masa idle bagi motor, seperti kita pada saat libur panjang, dapat menyebabkan masalah ketika kita akhirnya memutuskan untuk memberikannya ‘tugas’ lagi. Motor yang dibiarkan terlalu lama tanpa kegiatan bisa menjadi rewel saat dihidupkan kembali. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa tips yang dapat membantu mencegah motor mogok setelah ditinggalkan dalam waktu yang lama, dikutip dari situs resmi Suzuki.

Penyebab Umum Motor Mogok Setelah Lama Tidak Dipakai

Read More

Sebelum merinci tips pencegahan, mari kita lihat penyebab umum motor mogok setelah masa idle. Masalah bahan bakar, sistem penyalaan yang melemah, dan aki yang kehilangan daya adalah beberapa boomerang yang mungkin menghantui motor Anda. Endapan pada sistem bahan bakar, busi yang terkotor, dan aki yang melemah dapat menjadi musuh bagi performa motor setelah masa idle.

Suzuki Burgman 125 hasil pantauan kamera TVC [capture].

Langkah-langkah Pencegahan dan Perawatan

1. Kendarai Motor Secara Teratur

Mengendari motor secara teratur adalah mantra utama dalam mencegah motor mogok setelah lama tidak digunakan. Kegiatan berkala ini membantu mencegah pembentukan endapan pada sistem bahan bakar. Sebuah perjalanan singkat dalam seminggu dapat membuat perbedaan besar saat hendak menghidupkan kembali motor yang sudah lama tidak bergerak.

2. Perawatan Berkala pada Busi

Busi yang sehat berperan penting dalam kesehatan sistem penyalaan. Membersihkan dan memeriksa busi secara teratur akan memastikan pembakaran yang optimal. Busi yang baik membantu motor tetap menyala dengan percikan yang kuat.

3. Melindungi Aki

Aki yang melemah adalah penyebab umum motor mogok. Melepas aki jika motor tidak digunakan untuk waktu yang lama dan menggunakan pengaman aki atau pengisi daya otomatis adalah langkah bijak untuk menjaga kesehatan aki. Hindari menyusutnya daya selama masa idle.

4. Penyimpanan yang Tepat

Tempat penyimpanan motor juga memiliki dampak besar. Hindari cuaca ekstrem dan pastikan motor disimpan di tempat yang kering. Gunakan penutup pelindung untuk melindungi motor dari debu dan kotoran yang bisa merusak komponen luar.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, pemilik motor dapat merawat kendaraannya dengan baik bahkan saat sedang tidak aktif. Jadi, saat Anda memutuskan untuk menghidupkannya kembali, motor Anda akan berterima kasih dengan kinerja yang prima, dan Anda dapat melanjutkan perjalanan tanpa kendala. Membuat motor senang adalah salah satu cara memastikan pengalaman berkendara yang memuaskan.

Sumber: www.suara.com

Related posts