Tips Biar Rem Mobil Awet Pakem, Ini yang Perlu Dilakukan

Musikpedia – Rem mobil adalah salah satu komponen krusial yang menjamin keamanan selama berkendara. Agar rem tetap awet dan berfungsi dengan baik, perawatan rutin menjadi kunci utama.

Inilah beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar rem mobil tetap pakem dan awet.

Read More
Mengganti cairan rem (Shutterstock)

1. Lakukan Tes Manual

Mendeteksi potensi kerusakan pada sistem pengereman bisa dilakukan dengan tes manual. Dengan cara ini, Anda dapat mengidentifikasi gejala-gejala kerusakan seperti getaran berlebih saat pengereman atau bunyi yang tidak wajar.

Coba lakukan pengereman mendadak dari kecepatan rendah, baik dalam keadaan maju maupun mundur. Pengecekan seperti ini sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari untuk memastikan rem bekerja dengan optimal.

2. Pengecekan Rutin

Untuk memastikan kesehatan rem, lakukan pengecekan rutin pada komponen brake pad setiap 10.000 kilometer. Untuk sistem pengereman hidrolik, pemeriksaan mendalam sebaiknya dilakukan setiap 40.000 kilometer.

Meskipun tidak ada tanda-tanda masalah, pemeriksaan rutin membantu mendeteksi potensi kerusakan secara dini.

3. Perhatikan Tanda-tanda Penggantian

Jangan abaikan tanda-tanda yang mengindikasikan perlunya penggantian komponen rem. Getaran berlebih, rem terasa dalam, atau bunyi berdecit saat menginjak rem dapat menjadi pertanda bahwa brake pad, master cylinder, atau komponen rem lainnya perlu diganti.

Tindakan cepat mencegah kerusakan lebih lanjut pada sistem pengereman.

4. Perhatikan Teknik Pengereman

Pada mobil dengan sistem pengereman non-ABS, hindari penggunaan rem secara mendadak saat melaju kencang. Gunakan teknik pengereman bertahap untuk mencegah overheat yang dapat menyebabkan rem mengunci.

Pada mobil dengan ABS, Anda dapat mengandalkan sistem ini untuk menangani pengereman secara otomatis.

5. Jaga Kebersihan Mobil

Kotoran yang menumpuk pada bagian-bagian terkait sistem pengereman, seperti pelek, cakram, dan dudukan brake, dapat mengurangi efisiensi rem.

Pastikan untuk membersihkan mobil secara menyeluruh, termasuk bagian-bagian yang terkait dengan sistem pengereman. Kunjungi tempat cuci mobil profesional secara berkala untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau.

Dengan menerapkan tips-tips sederhana ini, Anda dapat memastikan sistem pengereman mobil tetap dalam kondisi prima. Perawatan yang rutin akan tidak hanya meningkatkan keamanan berkendara tetapi juga memperpanjang umur pakai komponen-komponen rem. Ingatlah untuk selalu mengutamakan keselamatan selama berkendara!

Sumber: www.suara.com

Related posts