Tips Bersihkan Noda pada Jok Mobil, Jangan Sampai Salah

Musikpedia – Perawatan kabin mobil menjadi hal yang terpenting untuk menunjang kenyamanan berkendara. Jika kabib kotor, tentunya akan membuat pemobil ataupun penumpang merasa tak nyaman.

Salah satu yang harus menjadi perhatian yakni jok mobil. Terkadang beberapa pemilik mobil acuh dengan kotoran yang menempel pada jok mobil.

Read More

Jika dibiarkan terus menerus, tentu tak enak dipandang. Bahkan bisa jadi akan menimbulkan bau tak sedap.

Biasanya kotoran yang kerap menempel pada jok mobil seperti bekas makanan yang jatuh atau terkena tumpahan kuah makanan serta minuman.

Jika kotoran dan aroma tidak diatasi dengan cepat, kerusakan dan bau tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Namun, membersihkan jok mobil sebenarnya tidak memerlukan waktu yang lama. Berikut adalah beberapa tips mudah untuk membersihkan jok mobil dilansir dari Nissan Indonesia.

Membersihkan jok mobil dilengkapi cover memudahkan pengerjaannya. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/duallogic]

1. Perhatikan Jenis Bahan Jok Mobil

Tiap jenis bahan jok mobil memliki perlakuan yang berbeda. Mengenali jenis bahan jok mobil memungkinkan pemobil untuk menemukan cara pembersihan yang tepat.

2. Pilih Cairan Pembersih yang Sesuai

Berbagai jenis cairan pembersih tersedia di pasaran, dan memilih yang tepat sangat penting. Sesuaikan pembersih dengan jenis bahan jok mobil. Pastikan pembersih tersebut juga memiliki aroma yang dapat mengurangi bau tidak sedap dari kotoran yang menempel pada jok.

3. Atasi Noda Tinta dengan Cairan Pembersih Alkohol

Jika jok mobil terkena noda tinta, gunakan cairan pembersih yang mengandung alkohol.

Oleskan cairan tersebut pada area yang terkena noda tinta, karena kandungan alkohol dapat membantu menghilangkan noda tersebut.

Alternatifnya, Anda juga dapat menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan noda tinta, baik pada jok mobil maupun pada pakaian.

4. Hilangkan Noda Minyak dan Lemak dengan Pengencer Cat

Noda bekas minyak dan lemak dapat menyebabkan aroma yang tidak sedap pada jok mobil.

Gunakan pengencer cat atau pembersih cat kuku untuk mengatasi masalah ini. Oleskan pengencer pada bagian yang terkena lemak atau minyak, lalu gosok perlahan dengan kain.

Setelah itu, taburkan garam di atas noda dan biarkan semalaman. Keesokannya, bersihkan area yang diberi garam, dan jok mobil akan kembali bersih seperti semula. Metode ini umumnya efektif untuk jok mobil berbahan kulit.

Sumber: www.suara.com

Related posts