Tetap Nyaman saat Cuaca Panas, Ini Tips Berkendara Mobil yang Tepat

Musikpedia – Ketika mengendarai mobil di saat cuaca panas, tak sedikit pemobil ataupun penumpang yang merasa tak nyaman di dalam kabin. Meski AC sudah disetel ke suhu yang dingin, namun nyatanya tak mampu mengatasinya.

Read More

Namun ada beberapa cara mengatasi hal tersebut meski cuaca ekstrem sekalipun. Dikutip dari Carro Indonesia, terdapat 4 tips yang mungkin bisa dilakukan para pemobil.

1. Gunakan kaca film berkualitas

Penggunaan kaca film yang berkualitas tentunya memengaruhi kenyamanan berkendara di cuaca panas. Jika pemobil suka dengan kaca film yang tembus pandang, mungkin sudah waktunya untuk mengganti yang gelap.

Hal ini guna untuk menyerap panas dan sinar ultraviolet secara berlebihan. Tak cuma sampai disitu saja, pemobil bisa berkendara lebih efisien lantaran tak perlu AC dengan suhu yang dingin.

2. Pengoptimalan AC

Tak sedikit pemobil yang justru tak paham tentang penggunaan AC mobil dengan tepat. AC disetel di angka moderat yakni antara 23 hingga 25 derajat Celcius.

Tujuannya agar kerja komponen AC tak terlalu berat selama dalam perjalanan.

3. Hindari parkir di bawah sinar matahari langsung

Kebiasaan sepele ini memengaruhi kenyamanan berkendara pemobil. Ketika mobil diparkir di bawah sinar matahari langsung dengan durasi lama, akan membuat kabin panas.

Dengan parkir di tempat yang teduh, membuat suhu kabin pun bisa tetap terjaga. Selain itu juga bisa mencegah komponen yang ada di kabin cepat getas atau kusam akibat terlalu sering terkena sinar matahari langsung.

4. Lakukan perawatan berkala

Tujuannya agar komponen AC dan mobil dapat bekerja optimal untuk waktu yang lebih lama. Contoh paling sepele adalah dengan mengganti filter kabin mobil secara berkala agar bebas dari kotoran atau bau yang kurang sedap.

Sumber: www.suara.com

Related posts