Simak Jalur Tol Fungsional Ini, Jadi Alternatif Atasi Kemacetan

Musikpedia – Pelesiran naik mobil pribadi saat Libur Nataru atau Libur Natal dan Tahun Baru sungguh seru. Akan tetapi, mengurangi potensi jumpa ruas jalanan yang macet juga perlu agar waktu perjalanan semakin efisien dan kesempatan bertemu keluarga besar bisa lebih lama. Salah satu caranya adalah mengambil route alternatif alias memilih ruas yang tidak terlalu padat.

Dikutip dari kantor berita Antara, Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo mulai dioperasikan. Pengoperasian jalur fungsional tanpa tarif ini bertujuan untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat yang mudik dan berlibur di wilayah Solo dan Yogyakarta dalam periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Read More

PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo), mengoperasikan jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo mulai dari Kartasura hingga Karanganom sepanjang 13 km yang dimulai hari ini, Jumat (22/12/2023).

Jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (20/4/2023). Sebagai ilustrasi [ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho].

“Dalam periode ini, kami akan membuka jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo (Kartasura- Karanganom) dalam jam operasional jalur mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan roda empat golongan 1 non bus dan non truk, tidak diperuntukkan untuk kendaraan berat. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 Km/Jam,” jelas Suchandra P Hutabarat, Direktur Utama PT JMJ.

Jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo (Kartasura sampai dengan Karanganom) akan dioperasikan dalam dua periode. Yaitu: periode arus mudik pada 22-31 Desember 2023 dan periode arus balik yaitu 1-3 Januari 2024.

Berbeda dari pelayanan libur Hari Raya Idul Fitri 1444H lalu yang hanya dibuka dari Kartasura (Akses Gerbang Tol/GT Colomadu) sampai dengan Jl Sawit sepanjang 6 KM, dalam periode Natal dan Tahun Baru 2023/2024 jalur fungsional dibuka lebih panjang dari akses GT Colomadu & on/off Banyudono hingga Karanganom sepanjang 13 KM. Perkerasan jalan jalur fungsional berupa konstruksi rigid pavement.

“Dengan jalur yang lebih panjang kami memberikan pelayanan yang lebih optimal karena jalur fungsional ini dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta sekaligus memperpendek waktu perjalanan dari Akses/GT Colomadu menuju Klaten,” tambah Suchandra P Hutabarat.

Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo (Kartasura sampai dengan Karanganom) hanya dioperasikan satu arah pada periode arus mudik dan satu arah pada arus balik. Akses masuk jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo dari jalan Nasional akan melalui on/off Banyudono yang berjarak sekitar 700 m dari GT Colomadu.

Pengaturan arah arus lalu lintas pada periode arus mudik Natal dan Tahun Baru yaitu pada periode 22-31 Desember 2023 pukul 06.00-17.00 WIB, jalur fungsional ini akan beroperasi satu arah dari GT Colomadu (Jalan Tol Trans Jawa) menuju Boyolali dan/atau Kartasura serta menuju Klaten dan/atau Yogyakarta.

Pada periode arus balik Natal dan Tahun Baru yaitu pada periode 1-3 Januari 2024 pukul 06.00-17.00 WIB, jalur fungsional ini beroperasi satu arah dari GT Karanganom menuju GT Banyudono (untuk tujuan Boyolali dan/atau Kartasura) dan GT Karanganom menuju GT Colomadu (untuk tujuan Jalan Tol Trans Jawa).

Selamat bermobil pribadi dalam Libur Nataru!

Sumber: www.suara.com

Related posts