Setia Suplai Mesin untuk Moto2, Triumph Raih Penghargaan

Musikpedia – Penghargaan Torrens Trophy telah diberikan kepada Triumph untuk tahun 2024, sebagai pengakuan atas penyediaan mesin untuk Kejuaraan Dunia Moto2 yang dimulai sejak 2019.

Triumph meraih penghargaan ini setahun setelah diberikan kepada almarhum Mike Trimby atas kontribusinya dalam meningkatkan kondisi para pembalap di Kejuaraan Dunia.

Read More

Penerima penghargaan sebelumnya juga termasuk juara dunia asal Inggris seperti Tom Sykes, Jonathan Rea, dan Emma Bristow.

Triumph akan memasuki musim keenam persaingan Kejuaraan Dunia Moto2 pada tahun 2024, setelah menggantikan Honda pada tahun 2019.

Honda telah menjadi penyuplai mesin Moto2 sejak musim perdana pada tahun 2010, setelah Kejuaraan Dunia 250cc dihentikan pada akhir 2009.

Musim pertama Triumph pada tahun 2019 melihat Alex Marquez keluar sebagai juara, sebelum Enea Bastianini meraih gelar pada tahun 2020.

Sejak itu, Moto2 telah didominasi oleh tim Red Bull KTM Ajo, di mana Remy Gardner (2021), Augusto Fernandez (2022), dan Pedro Acosta (2023) meraih gelar juara kelas menengah.

Sejak tahun 2021, Triumph juga menyuplai mesin untuk Kejuaraan Eropa Moto2, di mana Fermin Aldeguer (2021), Lukas Tulovic (2022), dan Senna Agius (2023) menjadi juara.

Kehadiran Triumph di Moto2 sejak tahun 2019 telah melanjutkan dominasi Kalex sebagai produsen rangka utama di panggung dunia.

Perusahaan Jerman ini telah memenangkan hampir semua gelar di sepanjang sejarah Moto2 (kecuali pada tahun 2010 dan 2012), dan setiap gelar sejak 2013.

Namun, ada potensi perubahan. Aldeguer, yang memenangkan gelar Eropa dengan Speed Up pada tahun 2021, memenangkan empat Grand Prix Moto2 terakhir tahun 2023 dan menjadi salah satu favorit gelar pada tahun 2024.

Perubahan lain untuk tahun 2024 adalah kedatangan Pirelli sebagai penyuplai ban tunggal, menggantikan Dunlop yang telah menyediakan ban Moto2 sejak awal kompetisi.

Pembalap Moto2, Ai Ogura (Instagram)

Dilansir dari Visordown, Barrie Baxter, Chairman dari Komite Nominasi Torrens Trophy, menyatakan, “Kami sangat senang memberikan Torrens Trophy tahun 2023 kepada Triumph atas karyanya yang luar biasa di Kejuaraan Dunia Moto2TM, seri grand prix sepeda motor nomor dua di dunia. Perusahaan ini telah menyediakan mesin untuk seluruh grid Moto2 selama lima musim terakhir, membuktikan kepada dunia bahwa rekayasa dan teknologinya dapat berkembang di salah satu seri balap sepeda motor paling sulit.”

Nick Bloor, CEO Triumph Motorcycles, menambahkan, “Penghargaan ini merupakan kehormatan sejati dan penghormatan bagi kerja keras dan passion tim balap Triumph kami. Insinyur kelas dunia kami selalu mencari cara baru untuk meningkatkan kinerja mesin, mulai dari kecepatan, daya, hingga torsi, revolusi, tekanan silinder, dan rasio kompresi. Ini memungkinkan kami memberikan perbaikan di lintasan setiap musim, dari waktu balapan yang lebih singkat hingga kecepatan puncak yang lebih tinggi, yang telah berkontribusi pada balapan yang lebih ketat dan mendebarkan.

“Moto2 juga merupakan platform yang sangat baik untuk memamerkan daya tahan, kehandalan, dan kinerja kelas teratas dari mesin tiga segaris 765 kami di jalan. Selama lima tahun terakhir, kami telah menggunakan program mesin balap ini untuk mendorong perbaikan dan mendapatkan wawasan yang kami gunakan untuk terus mengembangkan dan memperbarui rangkaian Street Triple 765 kami, yang telah berhasil meningkatkan permintaan dan penjualan di seluruh dunia. Ini adalah kemitraan yang kami nantikan untuk dilanjutkan hingga tahun 2029.”

Sumber: www.suara.com

Related posts