Sering Tak Disangka, Apa Saja?

Musikpedia – Odometer, alat sederhana yang mungkin sering terabaikan, sebenarnya memiliki peran penting yang tak boleh dianggap remeh.

Di balik tampilannya yang hanya menunjukkan angka, odometer pada mobil Anda memiliki tiga fungsi utama yang seringkali tidak disangka.

Read More

Berdasarkan situs resmi Daihatsu, mari kita selami peran-peran yang membuat odometer menjadi lebih dari sekadar penunjuk jarak.

Ilustrasi speedometer mobil. [Shutterstock]

1. Indikator Jarak Tempuh: Merekam Jejak Perjalanan

Fungsi paling mendasar dari odometer adalah sebagai indikator jarak tempuh perjalanan kendaraan. Dengan setiap angka yang terus bertambah, odometer menjadi saksi bisu setiap petualangan mobil Anda.

Sejauh mana mobil telah membawa Anda menjelajahi jalanan, dari kilometer satu hingga ribuan, tergambar dengan jelas pada layar odometer.

2. Indikator Servis Berkala: Panggilan untuk Pemeliharaan

Tidak hanya sebagai penunjuk jarak, odometer juga berperan sebagai indikator penting untuk melakukan servis berkala.

Saat odometer mencapai tonggak tertentu, seperti 10.000 kilometer, lampu indikator servis menyala sebagai panggilan bahwa mobil Anda memerlukan perawatan lebih lanjut.

Servis rutin ini tidak hanya menjaga performa optimal, tetapi juga memperpanjang usia komponen mobil, menjadikannya investasi yang bijak untuk masa depan.

3. Penentu Harga Mobil Bekas: Jarak Tempuh, Harga yang Terbentuk

Peran yang sering terabaikan namun penting dari odometer adalah sebagai penentu harga mobil bekas. Angka yang tertera pada odometer memberikan gambaran langsung tentang seberapa banyak perjalanan yang telah dijalani oleh mobil tersebut.

Semakin rendah jarak tempuh, semakin tinggi harga jual mobil bekas tersebut. Namun, di balik sistem yang adil ini, pemilik yang kurang jujur dapat mencoba mengatur ulang odometer digital untuk menurunkan jumlah kilometer yang tertera.

Tips Tambahan: Menjaga Kejujuran Odometer Digital

Bagi yang berniat membeli mobil bekas dengan odometer digital, bijaksanalah untuk mendapatkan bantuan mekanik ahli odometer. Odometer digital dapat di-reset, dan risiko penipuan oleh oknum nakal bisa dihindari dengan pemeriksaan yang teliti.

Meski terlihat sederhana, odometer pada mobil Anda ternyata memiliki peran yang cukup kompleks. Selain menjadi penunjuk jarak, odometer memberikan panggilan untuk perawatan dan bahkan membentuk harga jual mobil bekas.

Sebuah angka di layar odometer bukan hanya statistik, melainkan sejarah perjalanan dan investasi yang menginspirasi. Oleh karena itu, jaga odometer dengan baik, dan biarkan angka-angkanya terus menciptakan kisah mobil Anda di setiap kilometer.

Sumber: www.suara.com

Related posts