Serba-Serbi Persiapan Rolling City Touring, Lady Biker Mesti Mandiri dan Piawai Pilih Oli

Musikpedia – Dalam acara Nonton Bareng MotoGP Valencia 2023 bersama Pertamina Lubricants ditampilkan talk show seru. Yaitu mempersiapkan keikutsertaan dalam sebuah touring. Baik touring jarak jauh atau sebatas rolling city alias keliling kota.

Topik ini diangkat karena sebelum acara nonton bersama dengan hasil Francesco Bagnaia menjadi juara pertama itu, Pertamina Lubricants mengundang sederet komunitas untuk rolling thunder dari kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Read More

Salah satu pembicara yang hadir adalah Sintya Mariska, seorang lady biker sekaligus pengguna sepeda motor Vespa.

Ia berbagi pengalaman bagi kaum Hawa yang ingin aktif di sektor otomotif dan mengikuti berbagai kegiatan roda dua. Salah satu ujarannya adalah siapa saja, termasuk para perempuan mesti mempersiapkan tunggangan masing-masing.

Pecco, sapaan akrab Francesco Bagnaia sah menjadi juara MotoGP Valencia 2023 [Musikpedia/ukirsari]

“Jadi jangan sampai dibohongi seputar pelumas atau oli, dan tidak tahu sama sekali soal tunggangan sendiri saat pergi ke bengkel,” paparnya.

“Para perempuan harus bisa mandiri jika ingin mndalami dunia motor. Harus bisa menghadapi tantangan dan menikmati serunya berkendara,” lanjut Sintya Mariska.

“Selain harus kenal dengan motor yang dikendarai, semua harus dipersiapkan secara matang. Mulai perlengkapan safety yang dikenakan, perlengkapan darurat, perencanaan rute, hingga perawatan motor seperti periksa ban, oli, dan pastikan tangki bahan bakar terisi penuh,” tandasnya.

Pernyataan ini dilengkapi Aribowo Santosa, Brand SEO (Small Engine Oil) Manager Pertamina Lubricants yang menggarisbawahi pengendara wajib melakukan pengecekan segala komponen motor.

“Hal ini akan membantu menghindari masalah teknis di tengah perjalanan,” tukasnya.

Ia mencontohkan soal salah memilih oli untuk touring motor yang berpotensi menimbulkan dampak negatif. Antara lain meningkatnya suhu mesin, pelumasan yang tidak optimal, sampai terjadi gesekan berlebih, keausan komponen lebih cepat di bagian piston, camshaft sampai bearing, dan secara keseluruhan membuat perjalanan tidak nyaman.

“Pemilihan oli yang tepat merupakan prioritas para pengguna motor dan penggantian oli secara rutin sudah seharusnya menjadi gaya hidup, terlebih dengan tingginya pengguna motor dan aktivitas bermotor di Indonesia,” lanjut Aribowo Santoso.

Disebutkannya Pertama Enduro telah memiliki formulasi canggih untuk ketahanan motor, dirancang memberikan perlindungan maksimal terhadap mesin, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan memperpanjang umur mesin.

“Kami memiliki delapan varian oli mesin dan satu oli gardan mulai dari Enduro 4T, Enduro 4T Sport, Enduro 4T Racing, Enduro Matic Series, sampai Enduro Gear. Semua varian oli kami telah disesuaikan dengan setiap teknologi mesin motor dan diperuntukkan untuk setiap kondisi jalanan, bahkan yang ekstrim sekalipun,” jelasnya.

Okky Adams, salah satu penggemar modifikasi motor yang hadir di panggung menyatakan pemilihan oli juga salah satu faktor penting dalam merawat motor modifikasi.

“Kita harus tahu modifikasi seperti apa yang dilakukan dan memperhatikan spesifikasi mesin, kemudian pilih oli yang sesuai dengan kondisi penggunaan dan kebutuhan modifikasi,” kata Okky Adams.

Ia menambahkan spesifikasi teknis dari oli juga penting dikulik. Seperti kekentalan dan aditif yang memberikan perlindungan ekstra terhadap mesin modifikasi yang mungkin beroperasi di level performa yang berbeda dari motor biasa.

Lalu Raka Pranaya, motovlogger dan content creator dunia otomotif dan touring, dari TheJakartaRoads mengungkapkan pentingnya paham tunggangan yang dipakai.

“Perhatikan spesifikasi motor, kondisi jalan yang akan dilalui dan jangan lupa cek prakiraan cuaca kemudian pilih oli yang mampu melindungi mesin dari berbagai suhu sampai yang ekstrem sekali pun karena oli yang tepat akan memberikan perlindungan ekstra pada perjalanan jarak jauh,” tutupnya.

Sumber: www.suara.com

Related posts