Sedan Listrik Rasa Mobil Sport

Musikpedia – BYD telah resmi memperkenalkan tiga mobil perdananya di Indonesia pada Januari lalu. Ketiganya, yang semuanya bertenaga listrik, adalah BYD Dolphin, SUV BYD Atto 3 dan sedan BYD Seal.

Nama yang disebut terakhir ini terlihat sebagai sedan, tetapi performanya lebih mirip sebuah mobil sport. Ini kesan yang diperoleh Musikpedia saat merasakan sensasi mengendarai BYD Seal di Sirkuit Sentul, Bogor pada pekan ini.

Read More

Yang dikendarai adalah tipe Performance, varian tertinggi dari tiga varian BYD Seal. Tipe ini merupakan varian dengan penggerak empat roda atau AWD. Dua tipe lainnya adalah Dynamic dan Premium, yang berpenggerak roda belakang.

Jurnalis Musikpedia pertama-tama diberi kesempatan duduk di kursi penumpang, sementara BYD Seal dikendarai oleh instruktur terlatih. Pada sesi itu, sedan listrik tersebut dipacu hingga di atas 100 km/jam hanya dalam tempo sekitar 3 detik.

Terus terang saja, duduk di kursi penumpang ketika BYD Seal melesat kilat dalam waktu singkat, rasanya seperti dijambak. Badan terhempas ke kursi penumpang yang empuk, meski perut sedikit bergolak.

BYD Motor Indonesia akan meresmikan delapan diler pada 8 Februari 2024. Foto: Mobil listrik BYD Seal. [Musikpedia/Liberty Jemadu]

Saat diberi kesempatan duduk di balik kemudi, awak Musikpedia merasakan betul bagaimana performa BYD Seal yang responsif dan mampu melesat cepat dalam waktu singkat. Kami berhasil mencapai kecepatan sekitar 130 km/jam di track sejauh 400an meter.

Oh iya, mobil ini punya tiga mode berkendara: Eco, Normal dan Sport. Dalam test drive itu, kami menggunakan mode sport sehingga respons dan performa mobil benar-benar maksimal.

Tidak hanya itu. Kami kemudian mengendarai BYD Seal melewati beberapa rintangan, termasuk zig-zag dan melibat jalanan bergelombang dan tikungan di lintasan balap.

Kesimpulannya BYD Seal, tidak saja bisa melaju cepat dengan gahar, tetapi juga mudah dikendalikan dan nyaman dikendarai. Selain itu, meski mobil listrik memang senyap tanpa suara, tetapi suasana di dalam kabin Seal sungguh kedap suara.

Spesifikasi BYD Seal

BYD Seal dirancang dengan tema estetika segara, yang terinspirasi dari cita-cita untuk menjaga lautan. Sedan ini memiliki garis kap mesin dan bemper yang menyatu ke arah tengah, tempat logo besar BYD berada. 

Hubungan BYD Seal dengan laut ditonjolkan oleh lampu LED siang hari yang menyerupai pergerakan ombak, dengan lampu belakang yang dibentuk oleh banyak tetesan bercahaya yang semuanya membentuk tetesan yang lebih besar atau, sekali lagi, dengan hiasan dinding di samping, di belakang. 

Desain eksterior BYD Seal yang terinpirasi lautan. [Musikpedia/Liberty Jemadu]
Desain eksterior BYD Seal yang terinpirasi lautan. [Musikpedia/Liberty Jemadu]

Lengkungan di roda depan, mengingatkan pada insang hiu. Terdapat aksen X dan lampu belakang full LED yang menyatu dan unik membuat kesan modern dan dapat mengoptimalkan proyeksi lampu. Desain bodi yang ramping dan aerodinamis menambah kesan sporty dan performa saat berkendara.

Interior BYD Seal memberi kesan mewah, canggih dan sporty. Panoramic glass roof menciptakan suasana kabin lebih lapang. Penumpang akan tetap nyaman saat siang hari karena ada teknologi UV resistance double glaze yang menangkal sinar UV. Teknologi ini juga mengisolasi suara dari luar.

Fitur entertainment BYD Seal berpusat pada head unit 15.6 inci yang dapat dirotasi, speaker HIFI Dynaudio, dan Windshield Head-Up Display (W-HUD), teknologi yang memproyeksikan informasi langsung ke kaca depan.

Di sektor keamanan, BYD Seal dijamin dengan beberapa teknologi canggih termasuk Blade Battery, CTB (cell-to-body) technology, ADAS, kamera 360 derajat beresolusi tinggi dan airbags yang komplit di kabin kemudi maupun penumpang.

Mobil ini faktanya sudah mengantongi peringkat keamanan bintang lima dari Euro NCAP.

BYD Motor Indonesia akan meresmikan delapan diler pada 8 Februari 2024. Foto: Mobil listrik BYD Seal. [Musikpedia/Liberty Jemadu]
BYD Motor Indonesia akan meresmikan delapan diler pada 8 Februari 2024. Foto: Mobil listrik BYD Seal. [Musikpedia/Liberty Jemadu]

BYD Seal terdiri dari tiga varian, yakni Dynamic dengan baterai 61,44 kWh, Premium dan Performance yang sama-sama mengusung baterai 82,56 kWh.

Tipe Dynamic bisa menempuh jarak maksimal 510 km, Premium 650 km, dan Performance berdaya jangkau 580 km. Baterai sudah didukung charge 150 kW.

BYD Seal Dynamic menghasilkan tenaga 150 kW atau setara 201 HP dan torsi 310 Nm. Sementara tipe Premium bertenaga 230 kW atau sekitar 308 HP dan torsi 360 Nm, serta tipe Performance berdaya 390 kW atau sekitar 523 HP dan torsi 670 Nm.

BYD Seal diklaim bisa menembuh kecepatan 100 km/jam dari kondisi diam hanya dalam 3,8 detik. BYD Motor Indonesia rencananya akan mengumumkan harga BYD Seal di arena IIMS 2024.

Sumber: www.suara.com

Related posts