Seberapa Penting Fitur Ini untuk Mobil?

Musikpedia – Sistem pengereman merupakan salah satu elemen penting dalam keselamatan berkendara. Saat ini, banyak mobil yang dilengkapi dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System) yang menawarkan berbagai keuntungan dibandingkan rem non-ABS.

Read More

Rem tipe ini melibatkan beberapa sensor di tiap rodanya. Sensor tersebut kemudian mengirimkan sinyal ke ECU atau Electronic Controller Unit yang kemudian mengatur besaran tekanan rem pada masing masing ban.

Kampas rem pada sistem ABS pun diberi tugas untuk tidak langsung menggigit cakram secara penuh, melainkan menggigit serta melepaskan secara cepat. Dalam hitungan detik, perbedaan ABS dan non ABS bisa dilihat dari kapiler rem ABS yang ditekan dan dilepaskan sekitar 60 kali. 

Berikut 5 fakta tentang rem ABS:

1. Mencegah Roda Terkunci Saat Pengereman Mendadak

Saat mengerem mendadak, roda mobil dengan rem non-ABS bisa terkunci dan menyebabkan hilangnya kontrol kemudi.

Rem ABS bekerja dengan memodulasi tekanan rem secara otomatis, sehingga roda tetap berputar dan memungkinkan pengendara untuk bermanuver saat pengereman.

2. Meningkatkan Keselamatan di Jalan Licin

Pada jalan licin, rem non-ABS lebih mudah tergelincir dan kehilangan kontrol. Rem ABS membantu menjaga cengkeraman ban di jalan licin, sehingga meningkatkan stabilitas dan keamanan berkendara.

3. Memperpendek Jarak Pengereman

Rem ABS dapat membantu mempersingkat jarak pengereman, terutama pada situasi darurat. Hal ini dapat membantu menghindari kecelakaan dan meningkatkan keselamatan pengendara.

4. Mempermudah Pengendalian Mobil Saat Mengerem

Dengan rem ABS, pengendara tidak perlu khawatir roda terkunci saat pengereman mendadak. Hal ini memungkinkan pengendara untuk tetap fokus pada jalan dan bermanuver untuk menghindari bahaya.

5. Meningkatkan Masa Pakai Ban

Rem ABS membantu mencegah roda tergelincir dan terkikis saat pengereman mendadak. Hal ini dapat meningkatkan masa pakai ban dan menghemat biaya penggantian ban.

Rem ABS merupakan fitur penting yang dapat meningkatkan keselamatan dan kontrol saat berkendara. Mobil dengan rem ABS lebih stabil dan aman di berbagai kondisi jalan, terutama saat pengereman mendadak atau di jalan licin.

Sumber: www.suara.com

Related posts