Road Trip SUV Masuk Sundance Festival 2024

Musikpedia – Sundance Film Festival 2024 tengah berlangsung di Utah, Amerika Serikat (18-28/1/2024), diselenggarakan Sundance Institute secara tahunan dan menjadi ajang film independen terbesar di negara itu.

Salah satu peserta dokumenter tahun ini adalah film bertajuk Will & Harper, yang menghadirkan dua sosok non-fiksi, aktor Will Ferrell dan sahabatnya, Harper Steele. Keduanya bertualang menggunakan mobil kategori Sport Utility Vehicle atau SUV.

Read More

Dikutip dari Town & Country, film dokumenter Will & Harper dipilih media ini menjadi salah satu dari 22 judul film yang diputar di Sundance Film Festival 2024 sebagai rekomendasi tontonan.

“Sundance mungkin belum pernah menghadirkan film perjalanan seperti ini. Setelah 30 tahun berteman, Will Ferrell dan Harper Steele memutuskan untuk pergi bermobil keliling negara kita. Mereka tidak akan kehabisan topik untuk didiskusikan, bisa reuni kembali, serta merayakan esensi persahabatan jangka panjang keduanya yang terasa begitu istimewa,” demikian ditulis media itu.

Will & Harper [picture courtesy of Sundance Film Festival 2024]

Senada dituliskan salah satu media kenamaan Inggris, The Guardian. Dipaparkan jalan cerita singkat dari kisah dokumenter ini bahwa Will Ferrell sebagai aktor dan komedian merencanakan pertemuan dengan penulis komedi Harper Steele, di mana keduanya bertemu kali perdana di acara Saturday Night Live pada 1995.

Disutradarai Josh Greenbaum, film ini berdurasi 114 menit, dan memberikan kejutan. Antara lain kondisi Harper Steele yang telah menjadi transpuan, dan bagaimana sebuah mobil mampu memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Terutama Jeep Grand Wagoneer usang milik sang penulis komedi.

“Mereka bertukar pikiran di dalam mobil, meletakkan sepasang kursi kemah di mana saja, mulai tempat parkir supermarket sampai tepi Grand Canyon. Percakapan sering kali beralih dari bercanda ke topik yang lebih serius,” demikian ditulis The Guardian.

Sutradara Josh Greenbaum mengikuti mereka dalam sebuah perjalanan menggunakan kendaraan, mengambil gambar saat keduanya menjelajahi suatu lokasi, sampai berhasil mengulik nuansa persahabatan kental yang ditunjukkan mereka.

Bisa disorot pula Jeep Grand Wagoneer tua milik Harper Steele sebagai saksi bisu perjalanan mereka.

Sebagai catatan, edisi terbaru SUV satu ini telah beredar sampai ke Qatar untuk tahun produksi 2024.

Spesifikasinya mewah, dan menghadirkan berbagai fitur pendukung kenyamanan berkendara yang paripurna, dengan banderol harga mencapai 19.190 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekira setara Rp 531 jutaan untuk versi 2024.

Akan tetapi bagi kedua tokoh dalam film dokumenter, tidak masalah si mobil tua atau versi terbaru, yang jelas itulah saat-saat keduanya bertemu kembali, dalam situasi yang tidak sama seperti dahulu.

Utamanya sosok Harper Steele kini sebagai seseorang yang telah berganti jenis kelamin. Ia mengajak sang kawan lama memahami kembali sosoknya, sekaligus mengungkap kekhawatiran tentang masa depan.

Dikutip dari Screendaily, keduanya bertanya-tanya bagaimana cara menangani persahabatan mereka saat ini, apakah perubahan besar diperlukan, bagaimana harus bertindak, apa yang harus ditanyakan, apa yang tidak boleh ditanyakan, dan seterusnya.

Harper Steele yang tinggal di bagian utara New York dan lahir di Iowa jadi penasaran akan kehidupannya yang sekarang berada di luar zona nyamannya. Fisiknya berubah, namun seleranya tetap. Ia merasa tidak bisa menjadi dirinya sendiri di tempat-tempat yang sering dia kunjungi.

Sehingga, perjalanan bermobil atau road trip dari New York ke Los Angeles, sambil menikmati side trip menjadi inti bepergian dengan Will Ferrell. Ini sebuah proses penemuan, tidak hanya tentang negara tempat mereka tinggal tetapi juga hubungan yang mereka miliki sekarang.

Sumber: www.suara.com

Related posts