Puncak Arus Libur Nataru ke Bakauheni Berlangsung Hari Ini, Mobil Pribadi Dominasi Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak

Musikpedia – Penumpang Libur Nataru atau Libur Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Cilegon, Merak tahun ini diprediksi mengalami kenaikan sekitar 15 persen dibandingkan pada periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Demikian dipaparkan Suharto, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak.

Sementara puncak jumlah penumpang yang menjalani Liburan Natal 2023 di Pelabuhan Merak terjadi pada 22-23 Desember 2023.

Read More

Dikutip dari kantor berita Antara, PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry atau PT ASDP (Persero) mengoptimalkan tujuh dermaga untuk melayani penumpang  dengan mengoperasikan 32 kapal dalam kapasitas besar.

“Kami meningkatkan kapasitas di Dermaga 2 yang awalnya hanya kapal di bawah 5.000 GT namun sekarang sudah bisa di atas 10.000 GT,” jelas Suharto.

Suasana Pelabuhan Merak, Banten, sebagai ilustrasi [Suarabanten/Firasat]

Pada pagi ini, Sabtu (23/12/2023), Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten dipadati kendaraan roda empat untuk menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

“Kami senang telah tiba di Pelabuhan Merak dan hanya mengantre sekitar satu jam bisa diseberangkan,” jelas Antonius (45) seorang pengguna mobil di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak Cilegon.

Menurutnya, pelayanan Pelabuhan Merak relatif baik, karena penjualan tiket secara daring sehingga kondisi dermaga dalam keadaan lancar. Sementara tiket diperoleh secara daring atau membeli online, harganya mencapai Rp 600.000 karena menggunakan jasa kapal ekspres.

Untuk jadwal keberangkatan kapal ekspres dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni juga dinilai tepat waktu.

“Kami dari Bekasi berangkat dari rumah pukul 21.00 WIB dan bisa menyeberang pukul 00.30 WIB,” lanjut Antonius yang selanjutnya siap menuju Kepulauan Bangka Belitung.

Senada pengalaman Amir (45), pengemudi angkutan sayuran menyatakan selama diberlakukan penjualan tiket secara daring ini perjalanan lancar dan tidak terjadi penumpukan kendaraan. Pengalamannya, pada H-2 Natal atau Sabtu (23/12/2023) perjalanan dari Bandung ke Pelabuhan Merak berjalan lancar.

“Kami berperjalanan dari Bandung ke Pelabuhan Merak hanya empat jam dan langsung bisa diseberangkan,” ujar Amir yang mengakhiri perjalanan panjang lintas pulau dengan berkunjung ke Bandar Lampung.

Bagi calon penumpang penyeberangan Libur Nataru, timing is the key. Artinya menyiapkan waktu perjalanan dengan baik, ditambah antisipasi mengatasi kemacetan dibutuhkan agar bisa tiba di destinasi tidak meleset jauh dari rencana semula.
 

Sumber: www.suara.com

Related posts