Pulang Liburan? Ini Tips agar Tak Mengantuk saat Berkendara Jauh

Musikpedia – Liburan yang menyenangkan seringkali diakhiri dengan perjalanan pulang yang panjang.

Namun, berkendara jauh setelah liburan dapat menimbulkan tantangan, terutama rasa kantuk yang bisa membahayakan keselamatan.

Read More

Agar perjalanan pulang tetap aman dan nyaman, berikut adalah beberapa tips agar Anda tidak mengantuk saat berkendara jauh.

Cara Mendapatkan Sertifikat Mengemudi. (Pexels)

1. Istirahat Cukup Sebelum Berangkat

Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan pulang. Kurangnya tidur dapat membuat tubuh menjadi lelah dan rentan terhadap kantuk.

Jika memungkinkan, tidurlah setidaknya 7-8 jam sebelum berangkat sehingga Anda dapat memulai perjalanan dengan kondisi fisik yang prima.

2. Bagi Perjalanan Menjadi Bagian Kecil

Jika perjalanan pulang melibatkan jarak yang cukup jauh, pecahlah perjalanan menjadi bagian kecil dengan melakukan beberapa istirahat di tempat tertentu.

Rencanakan perhentian singkat untuk beristirahat, merenggangkan kaki, dan menyegarkan pikiran. Ini dapat membantu mengurangi kejenuhan dan menghindari rasa kantuk yang datang tiba-tiba.

3. Bergantian dengan Rekan Perjalanan

Jika Anda tidak berkendara sendirian, manfaatkan waktu untuk bergantian dengan rekan perjalanan. Beri kesempatan satu sama lain untuk istirahat sejenak.

Hal ini tidak hanya dapat menjaga kewaspadaan, tetapi juga memberikan waktu untuk bersantai dan menikmati perjalanan bersama.

4. Konsumsi Makanan dan Minuman Ringan

Pilih makanan dan minuman yang ringan dan mudah dicerna untuk menghindari perasaan kantuk setelah makan berat.

Hindari konsumsi makanan berlemak dan berat yang dapat membuat perut terasa begah dan membuat Anda lebih cenderung mengantuk.

5. Dengarkan Musik yang Menyegarkan

Bawa playlist musik yang energetik dan menyegarkan untuk menjaga semangat selama perjalanan. Hindari musik yang lambat dan menenangkan karena dapat meningkatkan rasa kantuk. Musik yang ritmik dan ceria dapat membantu menjaga tingkat kewaspadaan.

6. Jangan Ragu Beristirahat

Jika merasa mulai mengantuk, jangan ragu untuk beristirahat sejenak. Temukan tempat yang aman untuk berhenti dan istirahat sebentar.

Berjalan-jalan sejenak di sekitar area istirahat juga bisa membantu menghilangkan rasa kantuk.

7. Cukupi Cairan Tubuh

Pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi dengan cukup mengonsumsi air. Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan dan membuat Anda lebih rentan terhadap kantuk.

Namun, hindari minuman berkafein dalam jumlah berlebihan, terutama di malam hari, agar tidak mengganggu pola tidur Anda.

Dengan memperhatikan tips di atas, perjalanan pulang setelah liburan dapat menjadi pengalaman yang aman dan menyenangkan. Selalu utamakan keselamatan dan kesehatan Anda serta rekan perjalanan. Selamat berkendara!

Sumber: www.suara.com

Related posts