Produsen Otomotif Jepang Tergeser China Sebagai Exportir Terbesar, Mobil Listrik Jadi Biang Keladinya

Musikpedia – Produsen otomotif Jepang mulai tergeser China sebagai negara pengekspor mobil terbesar di dunia.

Read More

Berdasarkan data Asosiasi Produsen Mobil China (CAAM), secara keseluruhan produsen otomotif China telah mengekspor sebanyak 4,41 juta kendaraan sepanjang Januari sampai November 2023.

Pencapaian tersebut menempatkan China berada di atas produsen otomotif Jepang dengan total eskpor sebanyak 3,99 juta unit kendaraan pada periode yang sama.

Di mana secara keseluruhan, total ekspor kendaraan produsen asal Jepang diperkirakan menyentuh angka 4,3 juta kendaraan hingga akhir tahun.

Seperti dilansir dari Caricarz, Senin (8/1/2024), penjualan kendaraan listrik (EV) memainkan peran penting produsen otomotif China berhasil melampaui Jepang sebagai pengekspor terbanyak tahun sebelumnya.

Hal ini terbukti dengan meningkatnya penjualan EV di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Dari data yang ada, ekspor kendaraan listrik buatan China melonjak sebesar 77% pada tahun 2023 antara bulan Januari dan Oktober, dengan total 1,43 juta kendaraan. Sebagian besar kendaraan listrik buatan China diekspor ke ASEAN dan UE.

Ditambah lagi dengan ekspansi beberapa produsen mobil China di kawasan ASEAN. Di mana produsen otomotif Jepang memegang pangsa pasar terbesar. Namun, lambatnya peralihan perusahaan ke kendaraan listrik telah menyebabkan penurunan total pangsa pasar di wilayah ASEAN.

Di tempat lain, peningkatan ekspor otomotif China ke Rusia dan Meksiko juga terbukti memiliki peranpenting. Produsen otomotif China dilaporkan mengekspor 730.000 kendaraan ke Rusia antara bulan Januari dan Oktober, atau meningkat tujuh kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Di antara perusahaan yang memperoleh keuntungan terbesar adalah Chery Automobile dan GWM. Kedua merek tersebut mengekspor mobil bertenaga bensin, termasuk sejumlah model SUV. Tentu saja, penarikan diri dari produsen mobil terkemuka karena konflik Ukraina terbukti memberikan keuntungan bagi merek Tiongkok tersebut.

Selain itu, ekspor mobil China ke Meksiko pada tahun 2023 mengalami peningkatan volume sebesar 71% menjadi 330.000 kendaraan. Merek-merek utama yang meningkatkan ekspor mereka ke pasar Amerika Latin tersebut termasuk Chery, SAIC Motor, serta Anhu Jianghuai Automobile (JAC).

Sumber: www.suara.com

Related posts