Presiden RI Joko Widodo Hadiri Gerakan Tanam Pohon Bersama PT Astra International Tbk, Total Bibit Mencapai 500 Batang

Musikpedia – PT Astra International Tbk–sebuah perusahaan nasional yang terdiri dari 272 unit usaha, antara lain di sektor otomotif, layanan pembiayaan, serta asuransi–menggelar acara penanaman pohon bersama sebagai bagian dari Gerakan Tanam Pohon Bersama di Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Dikutip dari rilis resmi Astra sebagaimana diterima Musikpedia, Gerakan Tanam Pohon Bersama ini berlangsung di Provinsi DKI Jakarta pada Rabu (29/11/2023). Tepatnya di Hutan Kota Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur. Acara dihadiri Presiden RI Joko Widodo, yang secara simbolis terjun langsung dalam penanaman pohon bersama.

Read More

Hingga saat ini terdapat tiga titik area penanaman pohon yang dilakukan Astra, meliputi Hutan Kota Kawasan Industri Pulo Gadung Jakarta Timur, Rumah Susun Nagrak Jakarta Utara, dan Kebun Casamora, Jakarta Selatan. Secara keseluruhan, total Astra telah menyumbang 500 pohon jenis pohon pulai, bungur, flamboyan dan sawo kecik, dan spathodea.

Presiden RI Joko Widodo saat menyapa seluruh peserta Gerakan Tanam Pohon Bersama di wilayah Jabodetabek secara virtual dan Head of Security Astra Muslich (kanan) perwakilan Astra dalam acara yang dilaksanakan di Hutan Kota Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur hari ini (29/11/2023) [Astra]

Semangat Astra dalam memberikan dampak positif terhadap lingkungan untuk hari ini dan masa depan Indonesia sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

 Dalam penanaman pohon di Hutan Kota Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur itu Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Pertanian RI ad interim Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Andi Amran Sulaiman, Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono serta Head of Security Astra Muslich. 

Penanaman pohon tadi adalah rangkaian lanjutan dari program penanaman pohon yang bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Apresiasi untuk pemerintah baik pusat dan daerah serta perusahaan terkait hingga masyarakat yang terlibat kegiatan penanaman pohon ini. Saya ajak seluruh masyarakat menanam pohon apapun di lingkungan masing-masing,” demikian disampaikan Presiden RI Joko Widodo dalam seremoni acara penanaman.

“Partisipasi ini merupakan wujud nyata kontribusi Astra untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan serta mendukung pemerintah dalam menyukseskan gerakan tanam pohon bersama yang dilakukan secara serentak di berbagai wilayah, untuk hari ini dan masa depan Indonesia,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Seperti disebutkan bahwa langkah Astra turut dalam gerakan menanam pohon adalah untuk hari ini dan generasi penerus, salah satu fungsi pohon adalah menyaring zat-zat penyebab polusi atau polutan.  Termasuk di antaranya berasal dari asap kendaraan bermotor.

Demikian pula untuk sirkulasi udara, turut memberikan kontribusi terhadap kesegaran angin yang mengalir. Fungsi pohon antara lain adalah paru-paru kota sekaligus meminimalkan risiko tanah longsor, sampai membawa keteduhan sebagai payung hijau.

Sumber: www.suara.com

Related posts