Power Window Nyangkut? Bisa Jadi Simak Penyebabnya

Musikpedia – Pernahkah Anda mengalami masalah ketika mencoba menaikkan atau menurunkan kaca mobil menggunakan power window, namun tiba-tiba kaca terasa seret, bahkan sampai nyangkut? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian.

Read More

Masalah ini seringkali disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat diatasi dengan langkah-langkah sederhana. Mari kita lihat penyebab umum dan cara mengatasi power window yang nyangkut.

1. Rel Kotor

Power window bekerja berkat gerakan rel yang ada di dalamnya. Jika rel tersebut kotor atau tercemar, kaca mungkin akan terasa seret atau nyangkut.

Solusinya, lakukan pembersihan pada rel dengan hati-hati. Anda dapat menggunakan sikat lembut atau lap bersih. Untuk memastikan kelancaran, tambahkan pelumas seperti Silicone Spray.

2. Seling Lepas

Seling atau pelengkap pada power window memiliki peran penting untuk menjaga kaca agar tetap pada jalurnya. Jika seling ini lepas atau kendor, kaca bisa miring dan membuatnya sulit bergerak, terutama saat hendak ditutup.

Periksa seling dan pastikan bahwa semuanya dalam posisi yang benar. Jika ditemukan yang lepas, pasang kembali atau gantilah yang baru.

3. Motor Aus

Motor pada power window memiliki bagian yang disebut sikat motor atau brush. Jika kaca terasa berat dan motor dipaksa, sikat motor ini bisa aus dan mempengaruhi kinerjanya.

Jika ini masalahnya, pertama pastikan tidak ada beban berlebihan pada kaca. Jika masalah berlanjut, mungkin Anda perlu mengganti sikat motor tersebut. Perbaikan ini sebaiknya dilakukan oleh teknisi ahli.

Tips Tambahan:

Hindari Memaksa Kaca

Jika Anda merasa ada hambatan atau kaca terasa seret, hindari memaksa untuk menutup atau membuka power window. Hal ini dapat memperparah kerusakan sistem penggerak kaca jendela.

Lakukan Perawatan Rutin

Agar power window tetap berfungsi optimal, lakukan perawatan rutin. Bersihkan rel secara berkala dan pastikan semua komponen berfungsi dengan baik.

Gunakan Silicone Spray dengan Bijak

Penggunaan Silicone Spray dapat membantu melumasi rel, namun gunakan dengan bijak untuk menghindari penumpukan debu yang bisa membuat situasi lebih buruk.

Dengan memahami penyebab umum dan langkah-langkah untuk mengatasinya, Anda dapat menjaga agar power window mobil tetap berfungsi lancar. Perawatan yang baik tidak hanya meningkatkan kenyamanan berkendara tetapi juga dapat memperpanjang umur komponen-komponen tersebut.

Sumber: www.suara.com

Related posts