Pindad Maung Kelak akan Pakai Mesin Buatan RI, Berapa Persen Kandungan Lokalnya Kini?

Musikpedia – Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, mengungkapkan rasa bangganya terhadap mobil Maung, produksi dalam negeri, yang baru-baru ini digunakannya saat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai calon presiden.

Dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia, Prabowo menyoroti pentingnya Indonesia menjadi produsen produk modern secara mandiri. Ia menekankan bahwa Indonesia perlu memiliki kendaraan seperti mobil dan motor buatan dalam negeri, serta berbagai produk lainnya.

Read More

“Kita mau Indonesia bisa membuat dan memiliki mobil, motor, TV, komputer, semuanya buatan Indonesia oleh anak-anak Indonesia,” ujar Prabowo dalam acara tersebut beberapa waktu yang lalu.

Ilustrasi Pindad Maung (pindad.com/special-vehicles)

Sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo juga menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sedang mengembangkan mobil jip buatan Indonesia, yaitu Maung yang diproduksi oleh PT Pindad. Mobil offroad Maung ini dirancang untuk mendukung operasi militer dalam segala medan.

Prabowo menyebutkan bahwa Maung saat ini telah menggunakan komponen lokal sebanyak 73 persen, melibatkan lebih dari 133 perusahaan lokal. Hal ini membuktikan keterlibatan banyak pihak dalam upaya mendukung produksi mobil dalam negeri.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sopiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggunakan rantis Maung produksi PT Pindad di Kemenhan, Rabu (18/1/2023). [Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden]
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sopiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggunakan rantis Maung produksi PT Pindad di Kemenhan, Rabu (18/1/2023). [Lukas – Biro Pers Sekretariat Presiden]

“Ada 133 perusahaan yang terlibat. Dan ke depan, bisa lebih murah, akan lebih murah lagi harga mobil Maung,” lanjutnya.

Mengenai mesin mobil Maung, Prabowo mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat, Indonesia berencana untuk membuat pabrik mesin pertama di Tanah Air.

Mesin ini akan digunakan dalam kendaraan seperti Maung, dan nantinya, konten lokal dari mesin tersebut dapat mencapai 90 hingga 92 persen.

Sumber: www.suara.com

Related posts