Persulit Pencurian, Ini Manfaat Nomor Rangka Mobil

Musikpedia – Pencurian mobil adalah salah satu bentuk kriminalitas dalam dunia otomotif. Kendaraan diambil tanpa izin dan dilarikan, lengkap dengan aksi penggantian nomor polisi atau resminya bernama Tanda Nomor Kendaraan Bernomor (TNKB).

Upaya penemuan kembali sulit dilakukan bila TNKB telah disamarkan menjadi nomor lain. Akan tetapi, ada hal penting yang bisa dijadikan sarana identifikasi. Yaitu nomor rangka mobil.

Read More

Dikutip dari laman resmi Astra Daihatsu Indonesia, salah satu fungsi nomor rangka mobil adalah sebagai sarana validasi keaslian kendaraan, yang membantu mengenali kendaraan yang mungkin dicuri atau terlibat dalam aktivitas ilegal.

Nomor identifikasi yang tertera di rangka mobil ini bukan hanya sekadar deretan karakter unik, namun menjadi kunci untuk memastikan keabsahan dan keamanan kendaraan. Di dalam dunia otomotif, pentingnya melakukan pengecekan nomor rangka kendaraan menjadi suatu hal yang pantang diabaikan. 

Berapa pun usia kendaraan, seluruhnya pasti dilengkapi nomor rangka mobil yang unik dan beda satu sama lain. Foto diambil dari acara pameran mobil komunitas, salah satunya adalah Daihatsu Compagno Berlina produksi 1966 hadir di acara Daihatsu Kumpul Sahabat Jogja 2022 pada Sabtu (26/11/2022) [PT ADM].

Bagi pemilik si kendaraan sendiri, dengan memiliki pemahaman yang mendalam mengenai nomor rangka dan cara pemeriksaannya, maka keamanan bisa ditingkatkan, demikian pula ketenangan pikiran, serta kesanggupan menjaga integritas identitas kendaraan yang dipunyai.

Secara sederhana, pengertian nomor rangka mobil adalah nomor identifikasi yang tertera di rangka mobil, dibuat dengan cara digravir dan bentuknya adalah urutan karakter unik yang diberikan untuk setiap kendaraan. Dengan menyebut unik, artinya antara satu sama lain tidak ada yang sama atau nomor dicetak secara istimewa dengan konsep “one and only“.

Nomornya sendiri terdiri dari kombinasi angka dan huruf, mencerminkan karakteristik khusus serta menyimpan info seperti tahun produksi, model, dan tempat pembuatan. 

Sehingga dengan mengetahui nomor identifikasi rangka artinya tidak hanya mengenali fisik kendaraan, namun berdampak terhadap aspek administratif dan keamanan kendaraan.

Berikut adalah manfaat mengetahui nomor rangka mobil, termasuk cara pengecekannya dari Astra Daihatsu:

Manfaat mengetahui nomor rangka

Perlindungan Konsumen

  • Signifikansi nomor identifikasi rangka berhubungan dengan perlindungan konsumen. 
  • Saat melakukan pembelian kendaraan bekas, pemahaman tentang nomor identifikasi rangka memungkinkan calon pembeli untuk memeriksa riwayat kendaraan.  Khususnya penelusuran apakah kendaraan pernah terlibat dalam kecelakaan serius, mengalami kerusakan total, atau menghadapi masalah teknis lainnya.
  • Dengan mengetahui nomor rangka kendaraan artinya sudah ada langkah pencegahan yang efektif untuk menghindari penipuan dan memastikan bahwa pembelian kendaraan dilakukan secara aman dan mendapatkan produk yang berkualitas.

 Menjaga keamanan kendaraan

  • Nomor identifikasi rangka memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keamanan kendaraan. 
  •  Sebagai identifikasi unik, nomor ini memungkinkan penelusuran kepemilikan kendaraan, membantu pihak berwenang atau pemilik sah untuk melacak kendaraan yang hilang atau dicuri.
  •  Dengan mengetahui nomor identifikasi rangka, pemilik kendaraan dapat memberikan informasi yang akurat kepada pihak berwenang sehingga mempercepat proses pencarian dan meningkatkan peluang pemulihan kendaraan yang hilang.

Untuk keamanan administrasi 

  • Dari sisi administratif, nomor identifikasi rangka mobil digunakan untuk mencocokkan informasi kendaraan dengan dokumen resmi seperti STNK dan BPKB. Hal ini sangat penting untuk memastikan kesesuaian identitas kendaraan dalam dokumen resmi dengan identitas fisiknya. 
  • Dari perspektif keamanan, nomor identifikasi rangka berperan sebagai alat verifikasi untuk memvalidasi keaslian kendaraan, membantu mengenali kendaraan yang mungkin dicuri atau terlibat dalam aktivitas ilegal.

 
Berikut cara pengecekan nomor rangka mobil

Temukan lokasi fisik nomor rangka

  • Inilah langkah awal dalam melakukan pengecekan nomor identifikasi rangka mobil secara langsung. Yaitu menemukan lokasi fisik nomor rangka mobil yang umumnya terletak di bagian depan kendaraan, dekat mesin, atau bagian rangka di bawah tutup mesin.

 Verifikasi nomor rangka

  • Setelah menemukan nomor rangka, pembacaan dilakukan untuk melakukan verifikasi kesesuaian dengan informasi yang tertera dalam dokumen resmi kendaraan seperti STNK dan BPKB. 
  • Dengan melakukan pemeriksaan secara langsung membuat pemilik kendaraan bisa memastikan bahwa identitas fisik kendaraan konsisten seperti yang tercatat dalam dokumen resmi.

Cek nomor rangka secara online

  • Sebuah langkah alternatif adalah melakukan pengecekan nomor identifikasi rangka secara online, yang bisa dilakukan melalui berbagai situs web dan aplikasi khusus. 
  • Layanan ini biasanya membutuhkan input nomor rangka dan dalam beberapa format juga melibatkan nomor pelat atau nomor polisi atau TNKB yang memberikan informasi terkait kendaraan. 
  • Meski pun cara ini cepat dan mudah, mampu memberikan latar belakang atau sejarah penggunaan, informasi teknis, dan status keamanan, waspdai untuk menggunakan platform yang bisa dipercaya dan sah untuk memastikan akurasi dan keandalan informasi yang disediakan.

Sumber: www.suara.com

Related posts