Perjalanan Konsep Menjadi Teman Bertualang Keseharian

Musikpedia – Di hari pemungkas pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, JIExpo Kemayoran Jakarta. Begitu banyak peminat berbaris, menunggu giliran test drive Mitsubishi XForce. Sempat berpikir tidak bakal mendapatkan giliran mencoba salah satu dari dua unit Mitsubishi XForce Ultimate CVT yang disediakan. Beruntungnya, kesempatan datang juga.

Instruksi dari Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi (Indonesia) dalam bincang-bincang beberapa hari lalu langsung terngiang, “It’s so easy. Handling ringan dan nyaman, karena dibantu empat driving mode: Normal, Wet, Gravel, Mud. Ingat-ingat ya, cukup sesuaikan dengan medan, dan bisa dilakukan kapan saja, dalam kecepatan berapa pun. Wet sendiri adalah fitur driving mode yang pertama kali diterapkan Mitsubishi Motors. Keren, ‘kan, kita langsung bisa mendapatkan fitur ini di XForce.”

Read More

Rasa penasaran terbayar sudah, kaki pun melangkah dengan semangat excitement masih menguar di udara. Tepat di panggung booth Mitsubishi, grup hip hop legendaris RAN (Rayi, Asta, Nino) tengah membawakan salah satu hits dengan lirik, ‘Kurasa ku t’lah jatuh cinta, pada pandangan yang pertama … Kasihku, oh cintaku, she’s all that I need’.

Entah mengapa, kalimat-kalimat ini mewakili ketertarikan, kesukaan, suasana excitement tadi atas Mitsubishi XForce. Akan tetapi tunggu sebentar, cinta pada pandangan pertama? Rasanya tidak. Subcompact SUV (Sport Utility Vehicle) ini telah menempuh perjalanan panjang untuk layak dicintai seperti saat tampil di IIMS 2024.

Mitsubishi XForce derived the DNA of motorsport from Mitsubishi Xpander and in the same production line with Mitsubishi Pajero Sport [Musikpedia/CNR ukirsari].

Kisah Mitsubishi XForce mulai bergulir semasa berupa concept car. Dengan codename “XFC Concept”, kendaraan ini diperkenalkan di berbagai kota di Tanah Air.

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) menyadari kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap sebuah mobil multi fungsi, sehingga menciptakan sebuah kendaraan yang meramu kenyamanan kabin lega, kemampuan bertualang akhir pekan, sekaligus menghibur saat diajak mengarungi ruas-ruas jalan dalam kota.

Sampai akhirnya XFC Concept ditutup selubung dan dibuka kembali untuk World Premiere Mitsubishi XForce di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Ada enam tokoh penting Mitsubishi Motors Corporation (MMC), PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), dan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tampil dalam konferensi pers yang sangat menarik, sekaliber Tokyo Motor Show yang kini menjadi Japan Mobility Show (JMS).

“Proyek ini melibatkan para desainer Indonesia untuk merumuskan bentuk, kebutuhan, dan utilitas yang sesuai dengan aktivitas berkendara di Indonesia,” papar Alessandro D’ambrosio, Design Executive Director MMC menjelaskan semangat kolaboratif di balik proyek kelahiran Mitsubishi Force.

Interior Mitsubishi XForce, tampak kemudi dengan logo Mitsubishi yang ikonik, dasbor dinamis, panel indikator, sampai in-car-entertainment dengan sound quality hasil kolaborasi Mitsubishi dan Yamaha yang menghadirkan Dynamic Sound Yamaha Premium [Musikpedia/CNR ukirsari].
Interior Mitsubishi XForce, tampak kemudi dengan logo Mitsubishi yang ikonik, dasbor dinamis, panel indikator, sampai in-car-entertainment dengan sound quality hasil kolaborasi Mitsubishi dan Yamaha yang menghadirkan Dynamic Sound Yamaha Premium [Musikpedia/CNR ukirsari].

Desain inovatif itu telah diapresiasi berupa penganugerahan penghargaan bergengsi “Good Design Award 2023” dari Japan Institute of Design Promotion.

Di hari penutup GIIAS 2023, Mitsubishi mencatat lebih dari 3.700 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan), dengan 1.100 unit khusus untuk pembelian Mitsubishi XForce. Produksi dimulai pada Oktober 2023, dan pengiriman pertama menyusul pada November, yang disambut para konsumen secara antusias.

Suasana salah satu APM (Agen Pemegang Merek) kendaraan roda empat d IIMS 2024 [Musikpedia/CNR ukirsari].
Booth seru Mitsubishi Motors di IIMS 2024 [Musikpedia/CNR ukirsari].

Atsushi Kurita, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menekankan kepercayaan perusahaan atas kehadiran Mitsubishi XForce sebagai primadona, dan menetapkan target domestik 20.000 unit untuk 2024.

Sedangkan berbincang untuk pasar potensial ekspor, Minoru Saito, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) mengungkapkan rencana ekspor dengan target 3.500 unit per bulan. Tujuan potensial adalah menjangkau konsumen di Asia Tenggara, Asia Selatan, Amerika Selatan, Afrika, dan Timur Tengah.

Melanjutkan kesuksesan XForce, Mitsubishi memiliki rencana seru di masa depan. MMC disebut-sebut tengah mengerjakan subcompact SUV ini menjadi versi elektrik atau Electric Vehicle (EV).

Sementara di Indonesia, preparasi menjadi varian mobil rally termasuk versi kompetisi tengah ditunggu-tunggu.

Rifat Sungkar, pereli Nasional yang memiliki jam terbang begitu tinggi di arena motorsport Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally Indonesia, Asia Pacific Rally Championship (APRC), Rally of America, sampai World Rally Championship (WRC) memberikan pernyataan menarik, “Mengapa tidak? Mitsubishi Xpander sudah sukses sebagai kendaraan rally, dan Mitsubishi XForce lahir dari platform mobil ini. Kalau Xpander bisa, mengapa XForce tidak? DNA-nya sudah ada!”

Jadi, itulah sekelumit perjalanan panjang Mitsubishi XForce dalam merajut keseruan menjadi SUV kesayangan dan pilihan.

Dengan kombinasi fungsionalitas, kenyamanan, dan fitur siap berpetualang, ditambah komitmen Mitsubishi terhadap inovasi dan kebutuhan pelanggan, XForce siap melanjutkan perjalanannya sebagai produk paling diinginkan. Seperti potongan lirik lagu RAN, ‘she’s all that I need’.

Spesifikasi Mitsubishi XForce

Kategori: subcompact SUV
Model bodi: Sport Utility Vehicle (SUV)
Jumlah pintu: lima
Mesin: 4 silinder
Konfigurasi mesin: silinder lurus
Kapasitas: 1.499 cc
Dimensi: 4.390 mm (panjang) x 1.810 mm (lebar) x 1.660 mm (tinggi)
Ground clearance: 222mm
Penggerak roda: Front-Wheel Drive (FWD)
Transmisi: CVT (matik)
Ban: 225/50R18
Warna: Energetic Yellow, Red Metallic, Jet Black Mica, Quartz White Pearl, Graphite Grey, and Silver Metallic
Tipe: Ultimate CVT dan Exceed CVT (untuk pasar domestik Indonesia)

Special features (tipe Ultimate CVT)

Yamaha Premium Dynamic Sound
Auto Lighting Control
Hands Free Power Liftgate with Kick Sensor
Smartphone Wireless Charger
Nanoe™ X (for virus-free air quality).
12.3 inch SDA with M-Connect Android Auto/Apple Carplay/Weblink/SDL Wired
Active Yaw Control (AYC)
Tire Pressure Monitoring System (TPMS)
Drive Mode Selector (Normal/Wet/Gravel/Mud)
Well-Tuned Suspension

Harga

  • Mitsubishi Exceed CVT Rp 379.900.000
  • Mitsubishi Ultimate CVT Rp 412.900.000

Sumber: www.suara.com

Related posts