Pembiayaan Motor Honda Jadi Sumber Terbesar FIFGROUP, Berikut Brand Services yang Ikut Tumbuh Kuartal Ini

Musikpedia – Dalam acara Silaturahmi FIFGROUP dengan Editor Media di Jakarta (7/11/2023), Margono Tanuwijaya, CEO PT Federal International Finance atau FIFGROUP mengungkapkan perolehan laba mencapai Rp 3 triliun untuk kuartal ketiga tahun ini. Dengan layanan pembiayaan sepeda motor Honda sebagai yang paling besar memberikan kontribusi, di bawah brand service FIFASTRA.

Selain FIFASTRA, ada beberapa brand services dalam jajaran FIFGROUP yang turut memberikan kontribusi terhadap perolehan laba Rp 3 triliun, atau mengalami peningkatan 30,3 persen year-on-year, dibandingkan dengan perolehan dalam periode sama pada 2022 yaitu Rp 2,3 triliun.

Read More

Margono Tanuwijaya menyatakan bahwa brand services AMITRA dan FINANTRA memiliki pertumbuhan yang menggembirakan.

Sebagai catatan, FIFGROUP sebagai bagian dari PT Astra International Tbk–sebuah perusahaan nasional yang memiliki 272 anak usaha, antara lain sektor otomotif, layanan pembiayaan, dan asuransi– didirikan pada 1989 oleh Astra, dan memiliki lima brand services, yaitu:

FIFASTRA, jasa layanan pembiayaan sepeda motor Honda. Baik motor baru maupun bekas berkualitas.

SPEKTRA, jasa layanan pembiayaan multiguna mulai alat elektronik, perabot rumah tangga, furniture, gadget, produk lifestyle, dan kebutuhan lainnya.

DANASTRA, untuk solusi pembiayaan dalam mengembangkan bisnis dan modal kerja, serta pembiayaan multiguna.

FINATRA, fokus kepada pembiayaan produktif yang bertujuan memberikan kemudahan pembiayaan bagi para pelaku UMKM dalam menumbuhkan dan mengembangkan usahanya.

AMITRA, produk perjalanan religius unggulan dalam bentuk umroh reguler, umroh plus, dan haji, yang seluruhnya dibuat dalam akad berbasis syariah.

Dalam bincang-bincang seusai acara inti silaturahmi bersama para editor, Margono Tanuwijaya mengungkap FIFASTRA mengalami pertumbuhan menarik, seiring dengan situasi terbaru Tanah Air.

“Layanan pembiayaan sepeda motor Honda tumbuh 24,82 persen dari pembelian sepeda motor baru. Penjualan tahun lalu mengalami penurunan penjualan, termasuk saat situasi krisis chip semikonduktor. Kini, Honda secara distribusi dan suplai sudah lebih dari cukup, itu sebabnya kredit yang disalurkan juga bagus,” ungkapnya.

UMKM disabilitas binaan FIFGROUP yang menawarkan produk-produk handicraft dari Yayasan Chesire Indonesia [FIFGROUP]

Lebih menggembirakan, layanan pembelian sepeda motor bekas juga tumbuh.

“Ini adalah bisnis kolateral, sepeda motor bekas unik karena turut mengalami pertumbuhan. Baik motor baru maupun bekas, kondisi penjualan jauh lebih bagus dibandingkan 2022 saat masih COVID-19, di mana minat akan pinjaman kendaraan dialokasikan kepada kebutuhan utama konsumen. Kini dengan kondisi membaik, kebutuhan untuk memiliki kendaraan motor Honda naik atau tumbuh lagi,” tukas Margono Tanuwijaya.

Ia menggarisbawahi, dari lima brand services FIFGROUP, penjualan sepeda motor dengan layanan pembiayaan FIFASTRA mencapai 62 persen.

“Kemudian brand services lainnya adalah AMITRA dan FINANTRA,” lanjutnya.

Dipaparkannya bahwa permintaan haji dan umroh via AMITRA kini sudah mulai aktif.

“Pada waktu COVID-19 berhenti, sekarang mulai banyak,” kata Margono Tanuwijaya.

“Kemudian mulai April 2022, FINANTRA yang bergerak dalam pembiayaan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) bidang food dan beverage juga menunjukkan pertumbuhan menggembirakan. Di samping itu ada binaan UMKM disabilitas,” tambahnya.

Sektor micro finance berupa UMKM adalah salah satu bentuk ekspansi FIFGROUP yang sudah dilakukan mulai tahun lalu.

“Kami juga memiliki dana bergulir, yaitu memberikan bantuan kepada unit UMKM yang ingin membangun usahanya. Dan FIFGROUP sendiri menilai bahwa UMKM adalah salah satu backbone perekonomian Indonesia. Pasarnya bagus, jadi kami berada di situ,” pungkas Margono Tanuwijaya.

Sumber: www.suara.com

Related posts