Para Pembalap Keren Formula E Bakal Menyapa Jakarta Kembali, Ini Jadwalnya

Musikpedia – Masih terngiang serunya menunggu Attack Mode dari sebuah balap Formula E atau balap jet darat tenaga listrik atau energi terbarukan di Sirkuit Formula E Ancol Jakarta. Para pembalap geber habis tunggangan mereka sampai indikator baterai menunjukkan angka minus.

Tiga peraih podium teratas ABB Formula E World Championship 2023 Round 10 Jakarta: Jake Dennis (2), Pascal Wehrlein (1), and Maximilian Gunther (3) (3/6/2023) [Musikpedia/CNR ukirsari].

Sayangnya, sebelum 2023 berakhir laman resmi Formula E menyatakan balapan tidak digelar di Tanah Air untuk edisi 2024. Senada salah satu pendukung utama balap kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) ini mengabarkan kepada Musikpedia tentang ketidakhadiran laga di Ibu Kota.

Read More

Dikutip dari kantor berita Antara, Formula E ABB FIA tidak pentas di Kota Jakarta karena bersamaan waktunya dengan masa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Awalnya direncanakan digelar 8 Juni 2024, sementara Pemilu sudah rampung pada 14 Februari tahun ini.

Kontrak antara Formula E Operation (FEO) dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai penyelenggara di Indonesia berdurasi tiga tahun. Yaitu kurun 2022 – 2024. 

Suasana autograph session di depan paddock 11 tim yang berlaga dalam kejuaraan 2023 Gulavit Jakarta E-Prix (3-4/6/2023) [Musikpedia/CNR ukirsari].
Suasana autograph session di depan paddock 11 tim yang berlaga dalam kejuaraan 2023 Gulavit Jakarta E-Prix (3-4/6/2023) [Musikpedia/CNR ukirsari].

Bila dibatalkan atau diundur akan menyalahi kesepakatan dan dicatat sebagai pelanggaran.

JakPro menyatakan bahwa penyelenggaraan Electric Vehicle (EV) Formula E diundur ke 2025 atau tahun depan karena masih berfokus pada pelaksanaan Pemilu 2024.

“Diundur tahun depan, jadi tahun ini kita tidak ikut karena pemilu,” jelas Ivan Cahya Permana, Project Director Jakarta EPrix 2023 di Balai Kota, Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Ia menandaskan pengunduran ini sudah mutlak kepastiannya yang telah diputuskan sebelum pemilu bersama pemegang lisensi balapan Formula E Operation (FEO).

Adapun terkait biaya komitmen (commitment fee), pihaknya menyatakan siap mengikuti kesepakatan kontrak yang sudah ada dan dijanjikan.

Profil Mitch Evans [Dok. ABB Formula E Championship]
Profil Mitch Evans [ABB Formula E Championship]

“Kami mengikuti apa yang ada saja, sudah ada kontrak commitment fee dan kami ikuti,” lanjut Ivan Cahya Permana.

Pihak Jakpro akan memberikan pengumuman khusus terkait berapa hari penyelenggaraan Formula E akan diadakan di Indonesia nantinya.

“Nanti itu ada pengumuman khusus kalau sudah yakin,” kata Project Director Jakarta EPrix.

Jadi, jadwal balapan Formula E untuk Kota Jakarta adalah 2025.

Nah, di saat itulah kesempatan untuk jumpa kembali dengan para pembalap Formula E yang keren bisa direalisasikan. 

Antara lain dengan Maximilian Guenther, Mitch Evans, Stoffel Vandoorne, Pascal Wehrlein, dan masih banyak lagi.

Sumber: www.suara.com

Related posts