Oli Bekas untuk Pelumas Rantai Murah, Emang Boleh?

Musikpedia – Rantai motor merupakan salah satu komponen penting yang perlu dijaga kondisinya agar performa motor tetap optimal. Salah satu cara merawatnya adalah dengan melumasi rantai secara berkala.

Banyak orang memilih menggunakan oli bekas sebagai pelumas rantai karena alasan murah dan mudah didapat. Namun, tahukah Anda bahwa menggunakan oli bekas sebagai pelumas rantai dapat membawa dampak negatif?

Read More

Berikut beberapa bahaya menggunakan oli bekas untuk pelumas rantai

  • Membuat rantai cepat memuai dan kendur: Oli mesin memiliki sifat yang lebih kental dibandingkan pelumas rantai khusus. Hal ini dapat menyebabkan rantai memuai dan kendur, sehingga berisiko lepas saat digunakan.
  • Merusak komponen rantai: Oli bekas mengandung kotoran dan serbuk gram dari dalam mesin. Kotoran ini dapat menempel pada rantai dan merusak komponen rantai seperti o-ring, seal, dan bushing.
  • Pelumasan tidak maksimal: Oli bekas tidak memiliki formula khusus untuk melumasi rantai. Hal ini menyebabkan pelumasan tidak maksimal dan rantai lebih mudah aus.
  • Menarik kotoran: Oli bekas bersifat lengket dan dapat menarik lebih banyak kotoran untuk menempel pada rantai. Hal ini membuat rantai menjadi lebih kotor dan berisiko berkarat.
Ilustrasi motor. (Pexels/Rachel Claire)

Alternatif Oli Bekas untuk Pelumas Rantai

Jika dalam kondisi darurat dan tidak ada pelumas rantai khusus, Anda dapat menggunakan minyak goreng sebagai alternatif. Gunakan minyak goreng baru, bukan jelantah.

Minyak goreng memiliki beberapa kelebihan dibandingkan oli bekas:

  • Warnanya bening sehingga rantai terlihat bersih: Hal ini memudahkan Anda untuk melihat kondisi rantai dan memastikan pelumasan sudah merata.
  • Lebih mudah didapat: Minyak goreng mudah ditemukan di mana saja, sehingga lebih praktis dalam kondisi darurat.
  • Tidak menimbulkan reaksi negatif pada rantai: Minyak goreng tidak mengandung kotoran dan serbuk gram seperti oli bekas, sehingga tidak merusak komponen rantai.
  • Lebih mudah dibersihkan: Minyak goreng lebih mudah dibersihkan dibandingkan oli bekas, sehingga rantai tidak lengket dan kotor.
  • Namun, perlu diingat bahwa minyak goreng tidak memiliki kemampuan melumasi yang sama dengan pelumas rantai khusus. Anda perlu lebih sering mengecek kondisi rantai dan melumasi kembali lebih sering.

Menggunakan oli bekas sebagai pelumas rantai dapat membawa dampak negatif yang berbahaya. Sebaiknya gunakan pelumas rantai khusus untuk menjaga performa dan keawetan rantai motor Anda.

Sumber: www.suara.com

Related posts