Motor Bebek Legendaris Indonesia, Kini Harga Bekasnya Cuma Segini

Musikpedia – Shogun Kebo, julukan yang melekat erat pada Suzuki Shogun 110, merupakan salah satu motor bebek legendaris yang pernah menggemparkan pasar otomotif Indonesia di era 90-an. Dirilis pada tahun 1996, Shogun Kebo hadir sebagai pesaing kuat Honda Supra dan Grand yang kala itu mendominasi pasar.

Sesuai julukannya, Shogun Kebo memiliki desain yang gagah dan kokoh. Bodinya yang besar dan boxy menjadi ciri khasnya, dipadukan dengan mesin 4-tak 110cc SOHC berpendingin udara yang terkenal tangguh dan irit bahan bakar.

Read More

Mesin Shogun Kebo menghasilkan tenaga 9,2 PS dan torsi 8,9 Nm, cukup bertenaga untuk melibas jalanan tanjakan dan bermanuver di tengah kemacetan. Kehandalan mesinnya pun tak perlu diragukan, terbukti dengan banyaknya pengguna yang masih setia dengan Shogun Kebo hingga saat ini.

Salah satu komponen yang kerap sekali diincar para pencinta roda dua di Shogun Kebo ini yakni CDI atau Capacitor Discharge Ignition.

CDI merupakan komponen penting pada sistem pengapian motor yang berfungsi untuk menghasilkan tegangan tinggi yang dibutuhkan untuk memicu busi, sehingga mesin dapat hidup. Keunikan CDI Shogun Kebo dipercaya punya kurva pengapian yang mantap dan tanpa limiter.

Suzuki Shogun Kebo (OLX)

Shogun Kebo dilengkapi dengan berbagai fitur fungsional, seperti suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang ganda yang memberikan kenyamanan berkendara, rem cakram hidrolik di roda depan untuk pengereman yang lebih pakem, dan bagasi yang luas untuk menyimpan barang bawaan.

Popularitas Shogun Kebo di era 90-an tak tertandingi. Tak heran jika motor ini menjadi salah satu motor bebek terlaris di Indonesia pada masanya. Kesuksesan Shogun Kebo melahirkan berbagai varian, seperti Shogun 125, Shogun FL150, dan Shogun Axelo.

Meskipun produksinya telah dihentikan pada tahun 2013, Shogun Kebo tetap menjadi legenda di hati para penggemarnya. Ketangguhan, keiritan bahan bakar, dan desainnya yang gagah menjadikannya motor yang tak terlupakan.

Bahkan di situs jual beli motor bekas, Shogun Kebo masih ada yang menjualnya. Harga dari Suzuki Shogun Kebo ini berada di kisaran Rp 3 juta hingga Rp 6 jutaan tergantung kondisi dan tahun.

Sumber: www.suara.com

Related posts