Mobil Diesel Sering Start Gunakan Gigi 2 Ternyata Miliki Dampak Buruk

Musikpedia – Mobil diesel memang terkenal akan torsinya yang besar. Dengan bekal torsi yang besar, tersebarlah anggapan start awal dengan mobil diesel transmisi manual, bisa langsung menggunakan gigi dua.

Read More

Namun demikian benarkah anggapan tersebut. Menurut Fata Zulfiqhi selaku Trainer 3S Training Department PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), hal tersebut sebenarnya tidak masalah. 

“Sebenarnya tidak masalah karena mesin diesel memang torsinya besar. Tarikan awal juga memang lebih enak ketimbang menggunakan gigi satu,” ujar Fata saat berbincang dengan Musikpedia, baru-baru ini.

Kendati demikian, Fata menambahkan, pengemudi juga harus memperhatikan muatan yang dibawa. Jika muatan penuh, sebaiknya tetap diawali dengan gigi satu.

Sebab ketika muatan banyak, sementara mobil diesel langsung dimulai dengan gigi dua juga dapat berdampak buruk.

“Kalau muatan banyak, sebaiknya tetap diurut dari gigi satu. Karena kalau terlalu sering dilakukan juga dapat membuat mesin jebol,” jelas Fata.

“Jadi walaupun gigi satu di mobil diesel itu pendek. Sebaiknya tetap dimulai dari gigi satu ketika membawa muatan penuh. Itu lebih aman,” sambungnya.

Sebagai informasi, KTB baru memasarkan Canter Bus sebagai salah produk andalan yang menyasar sektor pariwisata dan pertambangan.

Model ini menggunakan unit Fuso Canter FE71L BC yang sudah lengkap dengan body bus. 

Canter Bus ditawarkan dengan empat pilihan, yaitu Canter Bus FE71L BC N, Canter Bus FE71L BCL N, Canter Bus FE71 BC N, Canter Bus FE71L BC N yang seluruhnya ditawarkan dengan transmisi manual 4×2. Harganya sendiri dipatok mulai dari Rp329,6 juta sampai Rp552,4 juta off the road.

Sumber: www.suara.com

Related posts