Mengungkap Penyebab Kerusakan pada Rack Steer: Waspadai Kebiasaan Ini!

Musikpedia – Rack steer atau rak kemudi merupakan salah satu komponen krusial dalam sistem kemudi pada mobil. Kerusakan pada rack steer dapat menyebabkan berbagai masalah dan mengurangi kinerja kemudi kendaraan. Berikut adalah beberapa penyebab umum kerusakan rack steer yang perlu diwaspadai, dikutip dari situs resmi Suzuki:

Read More

1. Sering Berkendara di Jalan Berlubang

Kebiasaan melewati jalan berlubang secara terus menerus dapat merusak tidak hanya suspensi mobil, tetapi juga rack steer. Jalan berlubang menciptakan guncangan besar pada kaki-kaki mobil, terutama saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi.

Guncangan ini dapat menyebabkan robeknya bushing rack steer dan memungkinkan masuknya kotoran, yang pada akhirnya dapat menghasilkan bunyi tidak diinginkan.

2. Posisi Ban Tidak Lurus Saat Parkir

Posisi ban yang tidak lurus saat parkir dapat memberikan dampak negatif pada rack steer. Ban yang berbelok saat parkir dapat menyebabkan robeknya bagian-bagian pada rack steer dan mengurangi kinerjanya seiring waktu.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa posisi ban lurus saat kendaraan diparkir agar mengurangi tekanan yang tidak perlu pada komponen kemudi.

3. Steer Diputar Mentok dalam Waktu Lama

Membiarkan kemudi diputar hingga mentok, baik saat berkendara maupun saat parkir, dapat merusak rack steer. Ketika stir diputar hingga mentok dalam waktu lama, karet pinion rack steer akan mengalami peningkatan suhu.

Pada titik tertentu, karet tersebut dapat menjadi rentan terhadap sobek, menyebabkan kerusakan pada rack steer.

4. Kerusakan Power Steering

Bagi kendaraan yang dilengkapi dengan sistem power steering hidrolik, kerusakan pada sistem ini dapat berdampak langsung pada rack steer.

Kelebihan atau kekurangan minyak power steering, serta kebocoran pada tabung power steering, dapat mengurangi tenaga dan merusak kinerja rack steer.

Perhatikan tanda-tanda rembesan oli pada sistem power steering untuk mengantisipasi kerusakan lebih lanjut.

Menjaga rack steer dalam kondisi baik sangat penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama berkendara. Hindari kebiasaan yang dapat merusak rack steer dan lakukan perawatan rutin sesuai dengan rekomendasi pabrikan untuk menjaga kinerjanya.

Sumber: www.suara.com

Related posts