Melintas di Jalan Sempit saat Naik Motor Ternyata Ada Tekniknya, Begini Penjelasannya

Musikpedia – Pemotor memang tak akan terhindar dari jalan sempit. Untuk melintas di jalan sempit, pemotor wajib tahu beberapa tekniknya.

Read More

Jalan sempit kerap ditemui di wilayah non-perkotaan. APalagi saat mencari alamat di gang sempit, pemotor akan bolak-balik mencari alamat dengan menggunakan motor.

Pemotor harus tahu teknik yang tepat ketika melintas di jalan sempit. Berikut tips yang bisa dilakukan pemotor ketika melintas di gang sempit dilansir dari Astra Motor.

1. Tetap Berada di Jalur Kiri

Jalan sempit biasa dijumpai di jalan seperti pedesaan, pegunungan, dan gang-gang. Nah, pemotor sebaiknya menggunakan jalur kiri untuk memberikan kemudahan pemotor lain yang melintas di jalan yang sama.

Penggunaan jalur kiri memang menjadi keputusan yang sangat bijak bagi pengendara sepeda motor.

2. Jaga Jarak

Jaga jarak ini menjadi prinsip utama ketika melintas di jalan sempit. Hal ini demi menjaga keselamatan pemotor itu sendiri.

Tanpa menjaga jarak, pemotor bisa saja menabrak kendaraan laun yang berada di depannya.

3. Dinginkan sistem pengereman

Sistem pengereman perlu diperhatikan ketika melintas di jalan sempit. Jika pemotor melewati jalan dengan kondisi tersebut maka sebaiknya Anda berhenti sejenak untuk mendinginkan system pengereman Anda.

Ada beberapa kasus yang sering terjadi jika tidak mendinginkan system pengereman yakni rem yang terbakar sehingga fungsi pengereman terganggu dan membuat rem jadi blong. Sehingga penting bagi pemotor selalu berhenti sejenak agar system pengereman Anda dingin.

4. Kontrol Kecepatan

Pemotor sebaiknya tak perlu mengebut di jalan sempit. Meskipun sepi, pemotor wajib mengontrol laju kendaraannya.

Biasanya insiden kecelakaan kerap terjadi jika pemotor ngebut di jalan sempit. Apalagi banyak anak-anak yang melintas di jalan sempit.

5. Hindari Melewati Jalan Sempit Pada Malam Hari

Pemotor sebaiknya menghindari melewati jalan sempit pada malam hari. Biasanya jalan sempit minim penerangan sehingga jarak pandang Anda akan terbatas.

Jika terpaksa harus melewati jalan sempit pada malam hari, pastikan ada barengan untu melalui jalan smepit tersebut dan jangan sendirian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sumber: www.suara.com

Related posts