Melaju Perlahan, Sebastien Loeb Menangkan Etape Maraton

Musikpedia – Dakar Rally 2024 yang berlangsung di Saudi Arabia memasuki etape kelima dan memberikan posisi teratas kepada pereli asal Prancis, Sebastien Loeb sebagai juara di etape maraton kurun dua hari.

Dikutip kantor berita Antara dari AFP, strategi Sebastien Loeb untuk melaju pelan di etape lima Dakar Rally 2024  pada Jumat (12/1/2024) berhasil.  Ia yang mengantongi sembilan kali Juara Dunia World Rally Championship (WRC) menjadi yang tercepat dan memenangi etape maraton.

Read More

Sementara itu, pereli Spanyol Carlos Sainz Sr., dengan mobil listrik Audi finish kedua dengan jarak dua menit satu detik dari Loeb untuk mengambil alih puncak klasemen umum sementara.

Pereli Prancis Sebastien Loeb menjelang Reli Dakar 2022, yang berlangsung  di Arab Saudi 1-14 Januari 2022 [AFP/Franck Fife]

Lantas juara Dakar Rally lima kali Nasser Al-Attiyah,  mengalami kendala teknis yang membuat perjalanannya merebut  gelar keenamnya tercederai.  Kejadiannya adalah patah kemudi dalam perjalanan 50 km menuju finish. Akan tetapi ia pantang menyerah, termasuk memberikan perlawanan untuk ikut memuluskan langkah Sebastien Loeb menjadi juara.

Mereka berdua adalah rekan satu team, yang sama-sama mengandalkan hypercar rally, Prodrive Hunter. 

Sebastien Loeb dengan sengaja tak ingin menjadi yang terdepan pada Rabu (10/1/2024) agar menghindar dari kewajiban membuka jalan di maraton, di mana para pembalap tidak diperkenankan mendapat bantuan dari tim mekanik selama dua hari mengitari rute sepanjang 780 km bentang gurun pasir “Empty Quarter” di Shubaytah.

Meski belum pernah menjuarai Dakar, start bagian kedua etape maraton dari tempat ketiga, terpaut 37 menit di belakang Carlos Sainz Sr., Sebastien Loeb mampu menaklukkan deretan bukit pasir  dan meraih kemenangan etape untuk kedua kalinya di Dakar Rally 2024 setelah sebelumnya sukses merajai etape empat.

“Strateginya kali ini tepat,” ungkap Sebastien Loeb.

Kemenangan itu mendongkrak posisi Loeb ke peringkat tiga klasemen dengan catatan waktu 29 menit 31 detik dari Carlos Sainz Sr.

“Ini hari yang baik bagi kami, etape yang baik tanpa masalah. Sangat panjang, jadi bagian pertama etape kemarin (Kamis) sejauh lebih dari 400 km. Saya mencoba untuk tidak terlalu  memanjakan atau menghajar mobil. Saya tahu melintasi jarak yang sangat panjang menyeberangi bukit-bukit pasir itu secara mekanik akan sangat sulit,” ungkap Sebastien Loeb.

“Hari ini, tersisa 150 km jadi saya menekan lebih keras di etape hari ini, untuk mencatatkan waktu yang baik dan itulah yang kami lakukan. Tidak ada masalah sama sekali bagi kami di etape yang panjang ini,” tukas pereli yang mengandalkan hypercar Prodrive Hunter itu.

“Apabila membuat kesalahan di satu etape saja, maka akan kehilangan banyak waktu dan tertinggal jauh, jadi kami harus konsisten hingga akhir,” tutup Sebastien Loeb.

Jangan lupa, keseruan Dakar Rally 2024 masih berlangsung sepekan mendatang. Sesuai namanya sebagai rally terganas di dunia, peluang-peluang masih terbuka lebar, demikian pula sebaliknya.  Perlu strategi jitu agar mampu meraih posisi teratas.

Sumber: www.suara.com

Related posts