Mau Ekspansi Pabrik, Tesla Malah Dihadang Warga, Kok Bisa?

Musikpedia – Rencana Tesla untuk memperluas Gigafactory Berlin telah menghadapi perlawanan dari penduduk setempat.

Kota Grunheide di Brandenburg mengadakan pemungutan suara, dengan sekitar 70% penduduk berpartisipasi, setelah Tesla mengajukan rencana perluasannya.

Read More

Dilansir dari Arena EV, pemungutan suara tersebut tidak berjalan sesuai dengan keinginan Tesla, dengan 3.499 penduduk memberikan suara menentang perluasan dan hanya 1.882 yang memberikan suara setuju.

Meskipun perusahaan telah melakukan penyesuaian pada rencana awalnya, penduduk setempat tetap tidak yakin akan kelangsungan proyek tersebut.

Kekhawatiran utama terkait dengan pasokan air dan deforestasi. Pembukaan hutan seluas 1 kilometer persegi diperlukan untuk area logistik yang direncanakan.

Penting untuk dicatat bahwa pemungutan suara tersebut tidak mengikat, tetapi hal ini menimbulkan tantangan bagi rencana ekspansi Tesla.

Potret Tesla Model X berkendara di jalan raya (dok. Tesla, Inc.)

Keputusan penduduk setempat harus dipertimbangkan oleh pemerintah setempat, dan Tesla mungkin perlu menyesuaikan rencananya.

Sebelumnya, Tesla sempat dikabarkan sedang mengembangkan produk terbaru. Produk ini akan menyasar segmen mobil listrik murah, dengan desain hatchback.

Mobil tersebut akan diluncurkan demi mereduksi ekspansi mobil listrik China yang makin gila-gilaan, mulai dari segi kualitas, harga hingga fitur, seperti kendaraan keluaran BYD misalnya.

Sumber: www.suara.com

Related posts