Masuki Musim Penghujan, Pahami Lagi Fungsi dan Kegunaan Lampu Hazard

Musikpedia – Lampu hazard merupakan salah satu fitur penting pada mobil. Meski terlihat sederhana, fitur ini nyatanya punya fungsi dan kegunaan tertentu yang tidak boleh diabaikan.

Read More

Namun sayangnya memasuki musim penghujan, masih banyak saja pengendara mobil salah kaprah dalam menggunakan lampu hazard.

Berikut ini beberapa informasi tentang fungsi dan kegunaan lampu hazard, agar tidak salah kaprah ketika menggunakannya sebagaimana dikutip dari mobil88, Jumat (24/11/2023) .

Peringatan Tanda Bahaya

Fungsi utama penggunaan lampu hazard digunakan untuk memberi peringatan kepada pengguna jalan lainnya bahwa mobil sedang berada dalam kondisi darurat atau mengalami masalah. Seperti pada kondisi kecelakaan, kerusakan mekanis, atau kondisi darurat lainnya.

Menandakan Kondisi Tidak Normal

Saat menyala, ini menandakan bahwa mobil sedang berada dalam kondisi tidak normal. Pengemudi lain di sekitar dapat memahami bahwa ada sesuatu yang tidak beres dan harus memperlambat laju kendaraan untuk memberi jalan.

Menghindari Kecelakaan Beruntun

Lampu hazard juga bisa membantu menghindari terjadinya kecelakaan beruntun. Dengan cara menyalakannya untuk memberitahu pengemudi lain bahwa kendaraan di depan sedang menghadapi situasi darurat.

Agar kendaraan di belakang bisa segera mengambil tindakan untuk mencegah risiko terjadinya tabrakan beruntun.

Setelah kendaraan kembali ke kondisi normal dan tidak lagi dalam situasi darurat, segera matikan lampu hazard. Penggunaan berkelanjutan tanpa alasan yang jelas dapat membingungkan pengemudi lain dan mengurangi kepercayaan terhadap situasi darurat yang sebenarnya.

Itulah beberapa fungsi dan kegunaan lampu hazard yang semestinya. Penggunaan lampu hazard yang tepat tidak hanya menjaga keselamatan pengemudi, tapi juga kontribusi terhadap keselamatan dan keteraturan lalu lintas secara umum.

Sumber: www.suara.com

Related posts