Libur Panjang Usai, Kapan Puncak Arus Balik Kendaraan ke Jakarta?

Musikpedia – Long weekend atau libur panjang dua peristiwa religi, yaitu Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek tengah berlangsung. PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 528.400 kendaraan meninggalkan wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi atau Jabotabek dalam periode 7-9 Februari 2024.

Dikutip dari kantor berita Antara, total volume lalu-lintas atau volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini meningkat 23,05 persen jika dibandingkan lalin normal (429.413 kendaraan).

“Angka ini merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (menuju arah Merak), GT Ciawi (menuju arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (menuju arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (menuju arah Bandung),” jelas Lisye Octaviana, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga di Jakarta, Sabtu (10/2/2024).

Sedangkan untuk detail distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 257.869 kendaraan (48,80 persen) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 144.726 kendaraan (27,39 persen) menuju arah Barat (Merak) dan 125.805 kendaraan (23,81 persen) menuju arah Selatan (Puncak).

Gerbang tol cikampek utama.( Musikpedia/Adit Rianto)
Gerbang Tol Cikampek Utama. Sebagai ilustrasi [Musikpedia/Adit Rianto].

Untuk lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 127.974 kendaraan, meningkat sebesar 52,40 persen dari lalin normal.

Lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 129.895 kendaraan, meningkat sebesar 35,55 persen dari lalin normal.

Total lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 257.869 kendaraan, meningkat sebesar 43,42 persen dari lalin normal.

Sedangkan lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 144.726 kendaraan, meningkat sebesar 1,16 persen dari lalin normal.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 125.805 kendaraan, meningkat sebesar 18,07 persen dari lalin normal.

Ada pun puncak arus balik periode Libur Panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek 2024 diprediksi akan terjadi pada Minggu (11/2/2024).

“Untuk itu kami kembali mengimbau pengguna jalan untuk menghindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus balik serta hindari perjalanan di waktu favorit, seperti pagi dan malam hari. Kami juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan mengingat prediksi curah hujan menengah hingga tinggi yang diprediksi oleh BMKG terjadi mulai Februari hingga April 2024,” tambah Lisye Octaviana.

Berikut tips menggunakan jalan tol di saat libur panjang atau long weekend:

  • Simak informasi aktual tentang kepadatan lalu-lintas di daerah tujuan dan sepanjang perjalanan sehingga bisa mengalokasikan waktu secara efisien.
  • Cek kelayakan kendaraan dengan memeriksa secara detail, bisa pula mengantarkan ke bengkel terpercaya untuk kepastian prima atau tidaknya tunggangan.
  • Kesiapan para penumpang dan pengemudi untuk menempuh perjalanan panjang berkendaraan pribadi.
  • Pastikan kecukupan BBM, dan saldo uang elektronik, jangan lupa pula nomor-nomor darurat yang bisa dihubungi berkenaan kendaraan, bahan bakar, sampai kesehatan.
  • Patuhi rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan.
  • Patuhi protokol kesehatan (menggunakan masker) saat berada di rest area.
  • Bagi pengemudi, perhatikan durasi berada di balik kemudi. Beristirahat setelah mengemudi dua atau tiga jam, lakukan stretching dan gerak badan untuk kelancaran sirkulasi peredaran darah.
  • Pikirkan bila mesti menggunakan driver atau sopir cadangan atau pengganti.

Sumber: www.suara.com

Related posts