Kunjungan Bersama Astra ke KBA Pekayon Bekasi, Jadi Bukti Komitmen Perusahaan Ini Terhadap Lingkungan

Musikpedia – Kegiatan praktik pembuatan kain ecoprint, mengikuti Go Green Mini Tour KBA Pekayon Zona Hijau, memilah sampah, mengolah minyak jelantah menjadi produk bermanfaat seperti aromaterapi, pembuatan eco enzim hingga edukasi Pola Bersih Hidup Sehat atau PHBS adalah sederet kegiatan yang didapatkan dari Workshop Wartawan Lingkungan 2023 ke Kampung Berseri Astra atau KBA Pekayon, Bekasi, Jawa Barat.

Acara ini digelar PT Astra International Tbk, sebuah perusahaan nasional yang memiliki 272 anak usaha, antara lain sektor otomotif, layanan pembiayaan, dan asuransi, serta memiliki program pemberian apresiasi untuk generasi muda Indonesia yang berprestasi dan mempunyai kontribusi positif untuk masyarakat dan lingkungan sekitarnya bernama Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia.

Read More
Praktik pemilihan sampah yang dilakukan di KBA Pekayon [Musikpedia/CNR ukirsari].

“Kampung Berseri Astra adalah salah satu inisiatif yang dijalankan perusahaan sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan masyarakat secara berkelanjutan,” papar Riza Deliansyah, Chief of Corporate Affairs Astra.

“Astra terus berkomitmen mendukung aksi peduli lingkungan yang dilakukan Kampung Berseri Astra termasuk KBA Pekayon, Bekasi, Jawa Barat,” lanjutnya.

Acara Workshop Wartawan Lingkungan 2023 ini adalah bentuk dukungan terhadap pelestarian lingkungan hidup. Termasuk KBA Pekayon, Bekasi yang telah dibina Astra sejak 2015.

Selain praktik langsung berbagai kegiatan dengan fokus lingkungan hidup, termasuk rangkaian pemakaian dedaunan asli sebagai motif ecoprint di atas kain yang setelah digunakan bisa diproses menjadi kompos, dan pembuatan pupuk cair dari sampah rumah tangga seperti kulit buah, peserta diajak menyimak lingkungan KBA Pekayon.

Lewat pemanfaatan lahan terbatas, warga bisa menanam tanaman hias, tanaman konsumsi, hingga tanaman herbal di atap dan pekarangan rumah. Mulai bebungaan sampai dedaunan memiliki nilai konsumsi dan kegunaan.

Antara lain teh bunga telang, teh mint, sampai berbagai jamu yang bisa dijual dan menambah penghasilan warga.

Kampung Berseri Astra (KBA) adalah program pengembangan masyarakat berbasis komunitas yang mengintegrasikan inisiatif empat pilar program kontribusi sosial berkelanjutan Astra dalam satu komunitas kampung.

Boy Kelana Soebroto, General Manager-Head of Corporate Communications - PT Astra International Tbk mengikuti praktik pembuatan kain ecoprint di KBA Pekayon [Musikpedia/CNR ukirsari].
Boy Kelana Soebroto, General Manager-Head of Corporate Communications – PT Astra International Tbk mengikuti praktik pembuatan kain ecoprint di KBA Pekayon bersama para jurnalis dan content creator [Musikpedia/CNR ukirsari].

Sampai tahun ini, Astra telah membina 194 Kampung Berseri Astra (KBA) dan 78 di antaranya merupakan Kampung ProKlim (Program Kampung Iklim) yang merupakan komitmen Astra untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam mitigasi perubahan iklim.

Astra juga membina 1.060 Desa Sejahtera Astra (DSA), bekerja sama dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat desa dalam pengembangan ekonomi pedesaan berbasis sumber daya lokal.

Melalui program DSA, sejumlah UMKM di KBA dan DSA yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia berhasil mengekspor produknya.

Karya tas daurulang plastik dari KBA Pekayon [Musikpedia/CNR ukirsari].
Karya tas daur ulang plastik dari KBA Pekayon [Musikpedia/CNR ukirsari].

“Kehadiran Astra di kampung ini menambah semangat kami untuk bergerak, karena kita mempunyai satu visi yang sama. Yaitu memberdayakan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan,” sambut Lala Gozali, salah satu tokoh Penggerak KBA Pekayon yang turun tangan langsung memberikan pelatihan ecoprint kepada para peserta Workshop Wartawan Lingkungan 2023 Astra.

Semangat Astra dalam mengembangkan KBA Pekayon yang mengedukasi lingkungan yang terintegrasi dan berkelanjutan untuk hari ini dan masa depan Indonesia sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Program pengembangan masyarakat KBA dijalankan dengan basis komunitas dalam satu kampung yang mengintegrasikan inisiatif empat pilar Public Contribution Roadmap, yakni Astra untuk Indonesia Sehat, Astra untuk Indonesia Cerdas, Astra untuk Indonesia Hijau, dan Astra untuk Indonesia Kreatif.

Melalui pelaksanaan program KBA, Astra ingin mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif sesuai dengan keempat pilar ini.

Di pilar kesehatan KBA Pekayon, warga memiliki posyandu, poswindu yang rutin dilakukan secara door to door. Warga setempat juga secara aktif melakukan senam rutin bersama.

Untuk pilar pendidikan, KBA Pekayon memiliki taman bacaan dan pemberian beasiswa dari Astra yang diseleksi secara ketat, sekaligus mendapatkan pembinaan sekolah sekitar untuk menjadi sekolah adiwiyata.

Di pilar lingkungan, sebagai kampung dengan predikat proklim lestari, kegiatan yang dilakukan oleh warga setempat antara lain mencakup mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan lingkungan, melalui kegiatan pembuatan kompos, bank sampah, penghijauan, energi terbarukan, kegiatan hemat energi dan penghijauan kota.

Program bank sampah mengajak para warga memahami dalam memilah sampah, hingga saat ini para warga berhasil mengumpulkan 570 kg sampah plastik sekali pakai, serta program pemanfaatan minyak jelantah sebagai bahan dasar sabun organik.

Hasil pembuatan pupuk organik cair menggunakan material tumbuhan dan proses fermentasi  [Musikpedia/CNR ukirsari].
Hasil pembuatan pupuk organik cair menggunakan material tumbuhan dan proses fermentasi [Musikpedia/CNR ukirsari].

Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menekan pengurangan sampah plastik sekali pakai di wilayah KBA Pekayon adalah program Gerakan Mengurangi Plastik Pasar (Gempar).

Proses penyuluhan berlangsung dengan mendatangi pasar-pasar dan pedagang sayur keliling di sekitar KBA Pekayon untuk memberikan penyuluhan agar pedagang tidak menyediakan kantong plastik sekali pakai.

Untuk pilar kewirausahaan, KBA Pekayon memiliki koperasi yang difungsikan sebagai wadah bagi Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) di lingkungan RW 08 hingga 11 untuk mempromosikan sekaligus menjual dagangan para pelaku UMKM.

Setidaknya terdapat 50 UMKM yang aktif di KBA Pekayon yang memiliki kurang lebih 800 Kepala Keluarga (KK) ini.

Sumber: www.suara.com

Related posts