Kenali Tanda Ganti Ban Mobil Harus Segera Diganti

Musikpedia – Ban mobil merupakan komponen vital yang menunjang keselamatan dan performa kendaraan. Mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggantinya dengan ban baru adalah hal yang penting.

Read More

Biasanya orang akan mengganti ban mobil saat ban sudah rusak dan mobil sudah terasa tak nyaman. Padahal ada tanda yang bisa diperhatikan untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban ke ban mobil terbaik

Berikut tanda-tanda Ban Mobil Harus Diganti dilansir dari Dunlop:

  • Retakan atau Pecahan pada Permukaan Ban

Permukaan ban yang retak atau pecah dapat berisiko bocor bahkan pecah saat digunakan. Periksa permukaan ban secara berkala dan ganti jika ditemukan retakan atau pecahan yang signifikan.

  • Pola Kembangan Ban yang Mulai Hilang

Ban dengan pola kembangan yang aus atau hilang memiliki daya cengkeram yang rendah, terutama di jalan basah. Periksa pola kembangan ban secara berkala dan ganti jika sudah mencapai batas keausan yang ditentukan.

Profil ban yang aus dapat menyebabkan hilangnya traksi dan kontrol saat berkendara. Periksa profil ban secara berkala dengan menggunakan indikator TWI (Tread Wear Indicator).

Keausan ban yang tidak merata dapat menandakan masalah pada sistem suspensi atau kaki-kaki kendaraan. Lakukan pemeriksaan rutin dan perbaiki masalah sebelum mengganti ban baru.

Ban yang sudah aus tidak mampu memberikan traksi yang optimal, terutama di jalan basah atau licin. Ganti ban baru untuk meningkatkan traksi dan keamanan saat berkendara.

Ban yang aus dapat menyebabkan jarak pengereman menjadi lebih panjang. Ganti ban baru untuk memastikan performa pengereman yang optimal.

  • Efisiensi Bahan Bakar Menurun

Ban yang aus bisa bikin boros bahan bakar kendaraan. Ganti ban baru dengan desain yang hemat bahan bakar untuk meningkatkan efisiensi.

Sumber: www.suara.com

Related posts