Kenalan dengan Odometer, Lengkap Fungsi dan Jenisnya

Musikpedia – Jika membahas mobil, istilah “odometer” pasti sudah tidak asing lagi. Namun, tak sedikit dari pemilik mobil paham tentang apa sebenarnya odometer itu dan apa saja kegunaannya.

Read More

Berikut penjelasan yang dilansir dari Daihatsu Indonesia tentang Odometer.

Apa Itu Odometer?

Tahukah pemobil bahwa odometer sebenarnya adalah sejenis alat penunjuk jarak tempuh kendaraan? Alat ini biasanya terletak di sebelah speedometer pada panel dasbor mobil.

Fungsi Odometer

Odometer tidak hanya sekadar angka di panel kendaraan. Ini adalah penunjuk jarak tempuh yang punya beberapa fungsi penting, loh!

  • Indikator Jarak Tempuh Perjalanan Kendaraan: Odometer memberikan informasi sejauh mana mobil telah menjelajah. Dengan begitu, pemobil dapat mengetahui seberapa jauh mobil telah berpetualang.
  • Indikator Melakukan Servis Berkala: Selain jarak tempuh, odometer juga berperan sebagai penanda kapan mobil perlu servis berkala. Dengan melihat odometer, pemobil dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk merawat kendaraan agar tetap dalam kondisi prima.
  • Penentu Harga Mobil Bekas: Angka di odometer juga memengaruhi harga mobil bekas. Semakin tinggi jarak tempuh, semakin murah harganya. Sebaliknya, mobil dengan jarak tempuh rendah biasanya dihargai lebih tinggi.

Tapi, hati-hati jika berurusan dengan odometer digital pada mobil bekas. Konsultasikan dengan mekanik agar terhindar dari manipulasi.

Jenis-Jenis Odometer

Odometer bukan hanya satu jenis saja, loh. Ada dua jenis utama yang patut ketahui:

  • Odometer Analog (Mekanik):

Jenis ini merupakan generasi pertama odometer. Bentuk bundarannya yang klasik bergerak secara mekanik dengan bantuan kabel fleksibel. Odometer analog dapat menghitung setiap gerakan roda mobil, baik maju maupun mundur.

  • Odometer Digital (Elektrik):

Generasi modern, odometer digital menggunakan sistem komputerisasi. Dengan magnet khusus, odometer ini dapat menghitung jarak tempuh ketika roda berputar, memberikan hasil berupa angka pada panel digital.

Jadi, odometer bukan sekadar alat hitung jarak. Ia adalah teman setia perjalanan mobil Anda yang bisa memberikan informasi penting. Pastikan untuk selalu memperhatikan kondisinya agar tetap akurat dan andalkan!

Sumber: www.suara.com

Related posts