Kenalan dengan Kaliper pada Mobil, Lengkap dengan Fungsinya

Musikpedia – Salah satu komponen pada mobil yang cukup vital yakni kaliper. Komponen ini biasa ditemukan pada bagian pengereman terutama pada mobil yang menggunakan rem cakram.

Kaliper memiliki peran menjepit bagian piringan dan kampas cakram. Nah untuk mengetahui lebih lengkapnya, ini dia penjelasan dari Daihatsu Indonesia.

Read More

Fungsi kaliper

1. Pengatur laju kecepatan kendaraan

Kaliper menjadi cukup vital dalam berkendara. Pasalnya, dengan adanya ini, laju kendaraan bisa dikendalikan.

2. Pengendali kendaraan

Kaliper biasa ditemukan pada mobil yang sudah menggunakan rem cakram. Dengan keberadaan kaliper, pemobil bisa mengendalikan kendaraannya secara perlahan, sehingga nantinya mobil bisa berhenti total.

Ilustrasi Kaliper pada mobil (Daihatsu)

3. Memangkas jarak pegereman

Kaliper dirancang agar mobil bisa melakukan pengereman dalam jarak dekat dengan mudah. Sehingga sangat berfungsi ketika Anda harus melakukan pengereman secara mendadak.

4. Menekan bagian piringan hitam

Di dalam kaliper terdapat kampas rem yang berfungsi menekan bagian piringan cakram. Sehingga kendaraan akan berhenti ketika proses tersebut terjadi.

5. Proses pengereman lebih optimal

Keberadaan kaliper dengan komponen pengereman lainnya bisa membuat proses pengereman menjadi optimal.

6. Kurangi perputaran roda kendaraan

Perputaran roda kendaraan bisa dikurangi dengan adanya kaliper ini.

7. Memberikan Gaya Dorong pada Cakram Rem

Fungsi selanjutnya, kaliper dapat berfungsi sebagai penyalur gaya dorong ke bagian cakram. Pada bagian kaliper juga terdapat bagian seal piston, yang digunakan untuk menyalurkan gaya dorong tersebut ke bagian piringan cakram.

Sumber: www.suara.com

Related posts