Karyawan Daihatsu Menjerit Imbas Skandal Tes Keselamatan

Musikpedia – Daihatsu Motor diguncang masalah menjelang akhir tahun setelah terbukti melakukan skandal tes keselamatan.

Read More

Alhasil Daihatsu memutuskan untuk menghentikan sementara aktivitas produksi di pabriknya. Hal ini rupanya membuat karyawan di pabrik Daihatsu khawatir akan keberlangsungan nasib mereka.

“Belum ada penjelasan apakah perusahaan akan dapat melanjutkan produksi. Saya khawatir,” ujar seorang pekerja di pabrik Osaka, dikutip dari The Japan Times, Rabu (27/12/2023).

Meski demikian, Daihatsu kabarnya telah menyetujui paket kompensasi dengan para serikat pekerja untuk membayar sebagian gaji karyawannya selama penghentian produksi.

Skandal Tes Keselamatan Daihatsu

Sebelumnya Daihatsu mengumumkan pihaknya telah melakukan penghentian semua pengiriman kendaraan baik dalam negeri maupun di luar negeri.

Penghentian distribusi ini merupakan buntut dari hasil investigasi skandal tes keselamatan. Perusahaan menemukan 174 pelanggaran, termasuk kesalahan penyajian hasil tes dan perusakan kendaraan.

Dari kasus ini, 64 model serta tiga mesin terkena dampaknya di pasar global. Ada yang sedang dijual, ada pula yang sudah didiskontinyu. Termasuk di dalamnya adalah 22 model plus satu mesin bermerek Toyota.

Berikut daftar mobil yang terlibat skandal keselamatan produksi PT Astra Daihatsu Motor :

1. Daihatsu Agya/Wigo (model yang dijual mulai Maret 2023; produsen ADM; region/negara terdampak Ekuador, Uruguay, Kamboja)

2. Toyota Rush (model yang dijual mulai Januari 2018; produsen ADM; negara terdampak Ekuador, Malaysia)

3. Toyota Avanza (model yang dijual mulai November 2021; produsen ADM; negara terdampak Indonesia, Meksiko, Cambodia, Thailand, Vietnam, Peru, Bolivia)

4. Toyota Raize (model yang dijual mulai April 2021; produsen ADM; negara terdampak Ekuador, Mexico)

Temuan ini membuat Presiden Daihatsu Soichiro Okudaira belum lama ini mengunjungi Kementerian Transportasi di Tokyo, Jepang, untuk melaporkan temuan panel independen.

Sumber: www.suara.com

Related posts