Kapan Waktunya Ganti Filter Bensin? Ini Patokannya

Musikpedia – Filter bensin, bagian kecil namun krusial dalam sistem bahan bakar mobil, seringkali terabaikan oleh para pemilik kendaraan.

Namun, mengganti filter bensin secara teratur memiliki peran penting dalam menjaga performa mesin dan mencegah potensi masalah yang lebih serius.

Read More

Jadi, kapan sebaiknya Anda melakukan penggantian filter bensin? Begini menurut situs resmi Daihatsu:

Waktu Penggantian Filter Bensin yang Disarankan

Menurut buku perawatan mobil dari pabrikan, penggantian filter bensin yang tepat sebaiknya dilakukan setiap 2 tahun atau setiap 4.000 km. Namun, patokan ini dapat bervariasi tergantung pada kondisi penggunaan mobil dan faktor lingkungan.

Ilustrasi mesin mobil. (freepik)

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Waktu Penggantian

1. Ketika Mobil Sulit untuk Distarter

Jika Anda mengalami kesulitan saat mencoba menyalakan mobil, ini bisa menjadi indikasi bahwa filter bensin perlu segera diganti. Akumulasi kotoran dalam filter dapat menyebabkan sumbatan, menghambat aliran bensin, dan membuat mesin sulit untuk distarter.

2. Indikator Mesin Menyala

Lampu indikator mesin yang menyala, terutama dengan simbol bahan bakar atau engine, menjadi isyarat bahwa filter bensin mungkin mengalami masalah. Jangan abaikan tanda ini, karena filter bensin yang tidak berfungsi dengan baik dapat memengaruhi kinerja mesin secara keseluruhan.

3. Mesin Tiba-tiba Mati

Jika mesin mobil tiba-tiba mati saat sedang berjalan, hal ini dapat menjadi tanda bahwa filter bensin telah mencapai batas akhir umurnya. Filter yang tersumbat oleh kotoran dapat menyebabkan pasokan bensin ke mesin terganggu, mengakibatkan matinya mesin secara mendadak.

Sumber: www.suara.com

Related posts