Kaca Sunroof Bisa Jamuran? Ini Solusi Murahnya

Musikpedia – Ketika berbicara tentang kaca sunroof atau panoramic roof pada mobil, kita seringkali terpikat oleh keindahannya yang menambah kesan mewah dan memperluas pandangan di dalam kabin.

Namun, di balik kepraktisan dan keindahan tersebut, terdapat tantangan tersendiri dalam menjaga kebersihan dan kesehatan kaca tersebut.

Salah satu masalah yang seringkali dihadapi adalah jamur yang bisa tumbuh di permukaan kaca tersebut. Tetapi, jangan khawatir, solusinya bisa jadi lebih mudah dan terjangkau dari yang Anda bayangkan. Begini triknya menurut situs resmi Hyundai.

Memahami Masalah Jamur di Kaca Sunroof

Kaca sunroof atau panoramic roof rentan terhadap jamur karena sering terpapar langsung oleh sinar matahari dan terkena air hujan secara langsung. Kondisi ini menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan jamur. Terlebih lagi, jika kaca tersebut jarang mendapat perawatan yang memadai, maka masalah jamur dapat menjadi lebih parah.

Solusi Murah dan Efektif untuk Membersihkan Jamur

Untuk mengatasi masalah jamur pada kaca sunroof atau panoramic roof, Anda tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia yang mahal. Sebenarnya, solusi untuk membersihkannya bisa ditemukan di sekitar kita dengan biaya yang terjangkau. Berikut adalah beberapa solusi murah dan efektif yang bisa Anda coba:

  • Shampo Rambut atau Odol: Dua bahan ini seringkali terdapat di rumah dan dapat digunakan untuk membersihkan jamur pada kaca. Campurkan shampo rambut atau odol dengan air bersih dan gunakan campuran tersebut untuk membersihkan permukaan kaca dengan kain microfiber.
  • Cairan Tembakau: Cairan ini dapat dibuat dengan merendam tembakau dalam air bersih selama beberapa menit. Air rendaman tembakau tersebut dapat digunakan untuk membersihkan kaca dan mengusir jamur yang menempel.
  • Kain Microfiber: Penggunaan kain microfiber sangat disarankan karena dapat membersihkan kaca dengan lebih efektif tanpa meninggalkan serat atau goresan.

Cara Membersihkan Kaca Sunroof dengan Solusi Murah

Langkah-langkahnya cukup sederhana. Pertama, basahi kaca dengan air bersih dan lap dengan kain microfiber untuk menghilangkan kotoran dan debu. Selanjutnya, aplikasikan salah satu solusi di atas ke permukaan kaca dan gosok secara lembut dengan gerakan melingkar. Setelah itu, bersihkan kaca dengan kain microfiber yang bersih dan keringkan dengan kain yang lain.

Merawat kaca sunroof atau panoramic roof tidak perlu mahal dan rumit. Dengan menggunakan solusi murah dan efektif yang telah disebutkan di atas, Anda dapat mengatasi masalah jamur dan menjaga kaca mobil tetap bersih dan berkilau. 

Sumber: www.suara.com

Related posts