Jualan di Indonesia Tahun Ini, Raja Mobil Listrik Vietnam VinFast Malah Bangun Pabrik Baterai di India

Musikpedia – Produsen mobil listrik Vietnam, VinFast akan membangun pabrik baterai kendaraan listrik di India, demikian diwartakan Reuters pada pekan ini.

Read More

VinFast sebelumnya pada 2023 kemarin mengumumkan akan membangun fasilitas produksi di India dan Indonesia, dengan nilai investasi hingga di atas Rp 6 triliun. Mulai 2024 ini, VinFast juga berencana menjual mobilnya di Tanah Air.

Seperti diwartakan Reuters, yang mengutip informasi dari tiga sumber anonim, VinFast disebut akan membangun pabrik baterai di Thoothukudi, yang masih masuk wilayah Tamil Nadu, India.

Meski demikian, baik VinFast maupun pemerintah lokal Tamil Nadu belum mau mengomentari laporan tersebut. Vinfast cuma bilang akan mengumumkan keputusannya dalam waktu yang tepat.

Bangun pabrik di Indonesia

VinFast pada September 2023 kemarin mengumumkan akan membangun pabrik perakitan mobil listrik di Indonesia pada 2026 mendatang. Investasi yang dikucurkan untuk membangun pabrik itu sekitar 200 juta dolar AS atau setara dengan Rp 3,1 triliun.

“Kami melihat Indonesia sebagai pasar kunci yang potensial untuk mengembangkan fasilitas manufaktur kendaraan serta baterai,” beber VinFast, yang menambahkan bahwa faktor ketersediaan sumber daya alam dan biaya yang murah membuat Indonesia cocok untuk investasinya.

Investasi itu disebut sebagai bagian dari rencana VinFast untuk melebarkan sayapnya di tujuh negara Asia, termasuk India dan Malaysia.

Pada kesempatan yang sama VinFast juga mengumumkan akan meluncurkan dan menjual mobil-mobil listriknya di Tanah Air pada tahun ini. Rencananya VinFast akan langsung memperkenalkan 4 model produknya pada 2024.

Sumber: www.suara.com

Related posts