Jejak Eksotis Motor Diesel yang Curi Perhatian, Minum Solar dengan Keiritan Luar Biasa

Musikpedia – Bagi para penggemar motor dua roda, Royal Enfield bukanlah nama yang asing. Pabrikan motor ini telah lama menjadi pilihan para pecinta motor keren di seluruh dunia.

Dikenal dengan motor-motor bernuansa touring, Royal Enfield memikat hati beberapa penggemar perjalanan jarak jauh. Ketenaran mereka tidak hanya berasal dari desain yang menawan, tetapi juga dari mesin-mesin tangguh yang dimiliki.

Read More

Salah satu motor ikonik Royal Enfield yang tak biasa adalah Royal Enfield Taurus, atau dikenal sebagai versi diesel dari Royal Enfield Bullet. Pada era 1980-an hingga 1990-an, Royal Enfield memproduksi motor diesel yang unik ini.

Dilansir dari Rideapart, Royal Enfield Taurus dilengkapi dengan mesin diesel berkapasitas 325 cc yang sangat tangguh. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 6,5 dk dengan torsi maksimal mencapai 14,9 Nm.

Keunikan dari Royal Enfield Taurus terletak pada efisiensi bahan bakarnya yang luar biasa. Diklaim mampu menempuh jarak 90 km dengan hanya mengonsumsi 1 liter solar, motor ini menjadi pilihan hemat pada zamannya. Sebuah keunggulan yang tak bisa diabaikan jika dibandingkan dengan motor-motor masa kini.

Mesin diesel Royal Enfield Taurus (Rideapart)

Selain hemat, biaya perawatan Royal Enfield Taurus juga terjangkau. Turbo dan intercooler, yang umumnya terdapat pada mesin diesel, dilepas sehingga pemilik dapat dengan mudah melakukan perawatan sendiri.

Namun, seperti halnya motor diesel pada umumnya, Royal Enfield Taurus memiliki kelemahan, yaitu kepulan asap pada knalpot. Meskipun begitu, pada masanya, motor ini menjadi pilihan menarik dengan harga bahan bakar yang relatif lebih murah.

Sayangnya, masa kejayaan Royal Enfield Taurus harus berakhir di India karena tidak lulus uji emisi gas buang. Meskipun demikian, jejak eksotis motor diesel ini tetap mengukir kenangan unik dalam sejarah Royal Enfield.

Sumber: www.suara.com

Related posts