Ini yang Harus Kamu Tahu

Musikpedia – Modifikasi dan custom adalah dua istilah yang sering digunakan dalam dunia otomotif, terutama ketika membahas kendaraan bermotor.

Namun, meskipun sering digunakan secara bergantian, keduanya sebenarnya memiliki perbedaan signifikan dalam konteks pengubahan kendaraan. Mari kita pahami lebih lanjut mengenai perbedaan antara modifikasi dan custom.

Read More

Pengertian Modifikasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), modifikasi berarti pengubahan dari bentuk semula. Dalam konteks kendaraan, modifikasi motor atau mobil merujuk pada pengubahan yang dilakukan pada kendaraan dari bentuk standar pabrik.

Namun, perubahan yang terjadi pada modifikasi tidak menyeluruh, melainkan terfokus pada beberapa bagian tertentu, terutama pada bodi kendaraan.

Proses modifikasi umumnya melibatkan penggunaan barang jadi atau komponen aftermarket yang dapat dibeli secara terpisah.

Kendaraan yang dipamerkan dalam gelaran Indonesian Custom Show 2022 di Jogja Expo Center, Sabtu (13/8/2022) – (SuaraJogja.id/Wahyu Turi)

Perbedaan Modifikasi dengan Custom

Perbedaan mendasar antara modifikasi dan custom terletak pada tingkat perubahan yang dilakukan. Modifikasi lebih terbatas, hanya mengubah beberapa bagian tertentu dari kendaraan, dan menggunakan komponen aftermarket yang sudah tersedia di pasaran.

Di sisi lain, custom merujuk pada pengubahan bentuk kendaraan secara menyeluruh atau penuh. Proses custom dapat mencakup penyesuaian dengan keinginan, karakter, atau fungsi tertentu sesuai dengan preferensi atau kebutuhan pembeli.

Jika modifikasi lebih fokus pada perubahan yang terbatas, custom memberikan kebebasan lebih besar untuk mengubah kendaraan sesuai dengan visi dan keinginan pemiliknya.

Dalam konteks custom, kendaraan dapat diubah dari bentuk standar pabrik menjadi sesuatu yang unik dan sesuai dengan kepribadian atau gaya hidup pemiliknya.

Dengan pemahaman ini, diharapkan para penggemar otomotif dapat membedakan antara modifikasi dan custom ketika membahas transformasi kendaraan mereka.

Setiap pendekatan memiliki keunikannya sendiri, dan pilihan antara keduanya tergantung pada sejauh mana pemilik kendaraan ingin melakukan perubahan.

Sumber: www.suara.com

Related posts