Ini Sederet Ciri Power Steering Elektrik Rusak, Waspadai Gejalanya!

Musikpedia – Power Steering Elektrik (EPS) merupakan salah satu fitur modern pada mobil yang memberikan kenyamanan dalam mengemudi. Namun, seperti komponen lainnya, EPS juga dapat mengalami kerusakan.

Read More

Untuk mencegah kerusakan yang lebih parah, penting bagi Anda sebagai pemilik mobil untuk mengetahui ciri-ciri kerusakan pada EPS.

Berikut ini adalah sederet ciri power steering elektrik rusak yang perlu Anda waspadai:

1. Putar Setir dalam Kondisi Diam

Cara sederhana untuk mendeteksi kerusakan pada EPS adalah dengan memutar setir mobil dalam kondisi diam. Hidupkan mesin mobil dan putar setir ke arah kanan dan kiri.

Jika Anda merasakan putaran setir terasa berat, hal ini bisa menjadi tanda awal kerusakan pada komponen power steering.

2. Nilai Putaran

Setelah memutar setir, nilai putaran setir secara keseluruhan. Jika Anda merasa adanya hambatan atau keberatan saat memutar setir, ini bisa menjadi indikasi bahwa power steering elektrik Anda mengalami masalah.

Perhatikan baik-baik apakah putaran setir terasa lebih berat dari biasanya.

3. Perhatikan Ketika Mengemudi

Gejala kerusakan power steering tidak hanya terasa saat mobil diam, tetapi juga saat sedang digunakan untuk melaju.

Jika Anda merasakan kemudi menjadi berat, terutama saat akan berbelok atau berpindah jalur, segera periksakan kondisi power steering Anda.

4. Perhatikan Ketidakstabilan dalam Kecepatan Tinggi

Ketidakstabilan saat mengemudi dalam kecepatan tinggi bisa menjadi tanda adanya masalah pada sistem EPS.

Jika kemudi terasa tidak stabil dan setir terasa berat saat mengemudi dengan kecepatan tinggi, segera lakukan pengecekan lebih lanjut.

5. Perhatikan Lampu EPS

Beberapa mobil dilengkapi dengan lampu indikator EPS. Jika lampu ini menyala atau berkedip, itu bisa menjadi sinyal bahwa sistem power steering mengalami gangguan.

Jangan abaikan lampu indikator ini, segera periksakan mobil Anda untuk mengetahui penyebabnya.

Jika Anda mengamati salah satu atau beberapa ciri di atas, sebaiknya segera membawa mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut.

Penanganan yang cepat dan tepat dapat mencegah kerusakan yang lebih serius dan memastikan keamanan serta kenyamanan dalam berkendara.

Sumber: www.suara.com

Related posts