Ini 9 Sebab Mobil Ndut-ndutan, Pengendara Wajib Tahu

Musikpedia – Mobil yang mengalami kendala ndut-ndutan saat berjalan dapat menjadi penyebab kekhawatiran bagi pengendara.

Beberapa faktor yang menyebabkan kondisi tersebut perlu diidentifikasi agar dapat diatasi dengan tepat.

Read More

Berikut adalah sembilan penyebab umum mobil ndut-ndutan yang perlu diketahui oleh setiap pengendara, dikutip dari situs resmi Daihatsu.

Ilustrasi mesin mobil. (Unsplash/Tim Mossholder)

1. Kerusakan pada Fuel Pump

Fuel pump atau pompa bensin yang rusak dapat menghambat aliran bahan bakar ke mesin. Akibatnya, mesin tidak mendapatkan pasokan bahan bakar yang cukup, menyebabkan mobil berjalan ndut-ndutan.

2. Filter Bensin Tersumbat

Filter bensin yang tersumbat oleh kotoran dapat menghambat aliran bensin, menyebabkan mobil mengalami kendala ndut-ndutan saat bergerak.

3. Filter Udara Mesin Terlalu Kotor

Filter udara mesin yang terlalu kotor dapat mengganggu proses pembakaran karena udara yang tidak tersaring dengan baik. Hal ini dapat membuat mobil tersendat-sendat ketika gas diinjak.

4. Kabel Busi Terkelupas

Kabel busi yang terkelupas, terutama pada RPM rendah, dapat membuat mobil berjalan ndut-ndutan. Ini seringkali terjadi setelah penggantian kabel busi.

5. Kualitas Busi Buruk atau Rusak

Penggunaan busi berkualitas rendah atau rusak dapat mempengaruhi proses pembakaran mesin. Busi yang tidak berfungsi dengan baik dapat membuat mobil ndut-ndutan.

6. ECU Mobil Bermasalah

ECU (Engine Control Unit) yang bermasalah dapat mengganggu waktu pendistribusian bahan bakar, mempengaruhi pencampuran udara dan bahan bakar, serta menyebabkan mobil berjalan ndut-ndutan.

7. Penggunaan Bahan Bakar Tidak Sesuai Spesifikasi atau Bahan Bakar Hampir Habis

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil atau bahan bakar yang hampir habis dapat mengurangi performa mesin dan menyebabkan mobil tersendat.

8. Air Radiator Habis

Kehabisan air radiator dapat menyebabkan mesin overheating, mengganggu kinerja mobil, dan menyebabkan mobil berjalan ndut-ndutan.

9. Sistem Injeksi Masuk Angin

Sistem injeksi yang kemasukan angin dapat mengakibatkan tekanan bahan bakar tidak stabil, menyebabkan mobil berjalan ndut-ndutan. Pemeriksaan menyeluruh pada sistem injeksi diperlukan untuk mengatasi masalah ini.

Mengetahui penyebab mobil ndut-ndutan adalah langkah pertama menuju perbaikan yang efektif. Jika kendala berlanjut, sebaiknya berkonsultasi dengan mekanik profesional untuk penanganan lebih lanjut.

Sumber: www.suara.com

Related posts