Ini 6 Istilah yang Wajib Anda Tahu keitka Mau Beli Mobil

Musikpedia – Membeli mobil baru bisa menjadi pengalaman yang menarik, tetapi seringkali konsumen dihadapkan pada sejumlah istilah yang mungkin terasa asing.

Read More

Untuk membantu Anda meraih pemahaman yang lebih baik, berikut adalah enam istilah kunci yang wajib Anda ketahui ketika memasuki dunia pembelian mobil, dikutip dari situs resmi Daihatsu.

1. Surat Pemesanan Kendaraan (SPK)

Surat Pemesanan Kendaraan atau SPK adalah dokumen resmi yang memuat rincian pemesanan kendaraan, termasuk warna, model, CC, jenis, harga, dan tanggal pengiriman. Ini menjadi landasan kesepakatan antara pembeli dan penjual, baik produsen maupun dealer. SPK seringkali juga mencantumkan syarat pembayaran dan informasi lain terkait pemesanan.

2. Down Payment (DP)

Down Payment atau DP merupakan pembayaran awal yang harus dibayarkan pembeli sebagai persetujuan dalam transaksi pembelian mobil. Besaran DP biasanya berkisar antara 20% hingga 30% dari harga mobil. Setelah kendaraan siap, pembeli diharapkan melunasi pembayaran awal ini.

3. Total Down Payment (TDP)

Total Down Payment atau TDP adalah total biaya yang harus dibayarkan, terdiri dari DP, biaya jasa kredit, angsuran pertama, dan asuransi kendaraan. TDP memiliki peran sebagai jaminan, pengurang jumlah cicilan, dan menjaga nilai keseimbangan kendaraan selama masa kredit.

4. Leasing

Leasing adalah lembaga pembiayaan yang terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Leasing membantu pembeli dalam transaksi kredit. Pemilihan leasing perlu dilakukan dengan hati-hati, memastikan legalitas dan reputasi yang baik.

5. Harga Kredit

Harga kredit adalah besaran biaya yang dibayarkan secara bertahap dan dalam jangka waktu tertentu saat pembelian mobil. Pembeli membayar sebagian (DP) dan sisanya dalam bentuk cicilan. Harga kredit bervariasi tergantung pada spesifikasi mobil, jangka waktu cicilan, dan suku bunga.

6. Inden

Inden adalah kondisi di mana pembeli memesan mobil terlebih dahulu, namun unit baru akan didatangkan beberapa waktu kemudian. Proses ini terjadi pada kendaraan yang belum diproduksi. Pembeli membayar DP sebagai tanda jadi, dan masa inden bervariasi tergantung pada berbagai faktor.

Dengan pemahaman atas keenam istilah tersebut, diharapkan proses pembelian mobil dapat berlangsung lebih lancar dan konsumen memiliki kendali penuh atas keputusan yang diambil.

Sumber: www.suara.com

Related posts